Poto: Umiroh Fauziah, Formatur Ketua Umum Kohati PGB HMI

Bandung, Pasundannews.com – Sosok perempuan hebat ini bernama Umiroh Fauziah, di lahirkan di Banjar, 6 Februari 1994. Ia menghabiskan masa kecil serta masa sekolah di bawah didikan kakek dan neneknya, berkat didikan keduanya lah, ia tumbuh menjadi perempuan yang sederhana, dewasa dan mandiri.

Umiroh Fauziah pernah menempuh jenjang pendidikan SD hingga SMA di Kota Banjar, yakni di SDN 1 Kujangsari, MTSN Langensari dan SMA di Al Azhar Kota Banjar.

Selepas masa sekolah, Umiroh Fauziah memilih menjadi seorang “pahlawan tanpa tanda jasa”.

Sejak memilih program studi S1 Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Huda Al-Azhar.

Kemudian di realisasikannya sejak terpilih sebagai Menteri Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAI Miftahul Huda Al-Azhar.

Nyatanya, keseriusannya menjadi tenaga pendidik semakin di buktikan dengan mengambil program studi S2 Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tak hanya aktif di bidang akademik, ia mengembangkan sekaligus menempa dirinya pada ruang organisasi, baik itu internal maupun eksternal.

Pada lingkup organisasi internal ia aktif sebagai Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah Miftahul Huda Al-Azhar.

Perjalanan Organisasi

Adapun organisasi eksternal, memilih Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Ia memulai prosesnya di HMI pertama kali dengan mengikuti Basic Training Latihan Kader I (LK I) HMI Komisariat Banjar,

Kemudian mengikuti Intermediate Training LK II HMI Cabang Ciamis dan Advance Training LK III BADKO HMI Jawa Timur.

Selain itu, ia juga mengikuti Latihan Khusus Kohati (LKK) KOHATI HMI Cabang Kabupaten Bandung dan Training For Trainer (TFT) KOHATI BADKO HMI Jawa Barat.

Selain aktif mengikuti jenjang pelatihan di HMI, Umiroh Fauziah pun aktif meniti karir di dalamnya.

Mulai menjadi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan (Kabid PP) HMI Komisariat Banjar. Kabid Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Anggota (P3A) HMI Komisariat Banjar. Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) Bidang Pemberdayaan Umat (PU) HMI Cabang Ciamis. Wasekum Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI Cabang Ciamis. Ketua Umum KOHATI Cabang Kota Banjar. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan & Pelatihan KOHATI BADKO Jawa Barat. Wasekum Wirausaha & Kemandirian KOHATI PB. Wasekum Pendidikan & Latihan KOHATI PB HMI. Hingga sekarang terpilih sebagai Formateur KOHATI PB HMI (2021-2023).

Nyatanya, Umiroh Fauziah tak hanya aktif di dunia akademik dan organisasi internal dan eksternal saja, namun juga di dunia profesional. Ia pernah menjadi staf pengajar mulai dari MI, MTs, sampai MA. Selai itu pernah menjadi CO Program Pilar Anak PKBI Jawa Barat, Event Staff PT. Inspira Kreasi Mandiri Organizing lalu Communication of Halal Park.

Semua perjalanan yang di tempuh Umiroh Fauziah mulai dari hal yang kecil kecil, baik di dunia akademik, organisasi, sampai dunia professional. Semua itu di laksanakannya dengan professional, mandiri, serius dan penuh amanah.

Sebagaimana cita-citanya, sosok perempuan hebat nan sederhana ini hendak menginspirasi para perempuan, khususnya KOHATI. Dengan membawa cita-cita mewujudkan generasi professional dan mandiri serta mencetak muslimah yang memiliki intelektual cerdas, professional dan mandiri yang ditujukan kepada masyarakat.

(Js)

Artikulli paraprakIPDN Buka Pendaftaran Siswa Baru 2021, Berikut Syaratnya
Artikulli tjetërGelar Aksi Damai, GOOL Sikapi Status Tersangka Bupati Bandung Barat