Ponpes (Pondok Pesantren) Asy-Sifa Padaherang, Kabupaten Pangandaran menggelar peringatan Milad (hari lahir) ke-23 tahun 2024. Foto/Saefullah.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Ponpes (Pondok Pesantren) Asy-Sifa Padaherang, Kabupaten Pangandaran menggelar peringatan Milad (hari lahir) ke-23 tahun 2024.

Kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan acara bukber (buka bersama) di bulan suci Ramadhan kali ini.

Menurut Pimpinan Yayasan Asy-Syifa Padaherang, Kyai Maqbulaeni menyampaikan, bahwa yayasan yang tengah dipimpinnya tersebut diharapkan semakin istiqamah dalam berkiprah di masyarakat.

“Di usianya yang ke-23 tahun ini, Ponpes Asy-Syifa diharapkan semakin istiqamah dan bisa berkiprah lebih baik lagi di masyarakat dalam membangun dan berkhidmat untuk bangsa dan agama,” tuturnya usai memberikan sambutan pada acara puncak Milad ke-23 Asy syifa, pada Rabu Malam (27/3/2024).

Lebih lanjut, ia mengatakan Pondok Pesantren Asy-Syifa merupakan Ponpes yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Asy-Syifa.

“Tepat pada tanggal 16 Ramadhan 1445 H, yang lalu didirikan Pondok Pesantren, mulai pada saat itu setiap tanggal 16 Ramadhan selalu diadakan peringatan Milad Pesantren,” tambahnya.

Ia pun menceritakan awal mula berdirinya pondok pesantren, mulai dari dibangunnya pesantren modern, hingga saat ini sudah terbentuknya beberapa unit lembaga pendidikan formal lainnya.

“Dulu berjuang mendirikan Pondok Pesantren ini dengan bergotong royong bersama masyarakat sekitar yang alhamdulillah pada tanggal 16 Ramadhan 1445 Hijriyah berdirilah Pondok Pesantren Asy-Syifa Padaherang, maka sejak saat itulah diperingati sebagai milad pesantren Asy-Syifa” terangnya.

Saat ini, jelasnya, sudah berdiri lembaga pendidikan formal dari tingkatan MTs, MA, dan Pesantren Tarbiyah, Bahasa dan Takhassus Tahfidz Al-Qur’an.

Keunggulan Ponpes Asy-Syifa Padaherang 

Salah satu Alumnus, Ust. Rijal Al-Haq menuturkan Ponpes Asy-Syifa mempunyai beberapa keunggulan.

Antara lain yaitu, berangkat dari pembentukan akhlak dengan ditempa beberapa pengajaran mulai dari kajian bahasa, kitab klasik kitab kuning sampai pada pembentukan keterampilan santri.

“Yang saya rasakan di pesantren mengutamakan akhlakul karimah, kombinasi pesantren modern ini masih digelar, kajian tahfidz, bahasa dan kitab kuning mulai Jurumiyah, Matan Bina, Safinah, Khulasoh, Imrity, Nadzom Maqsum, sampai Kitab Alfiyah, Fathul Mu’in, Tafsir Jalalain, dan kitab lainnya,” papar Rijal.

Selain itu, lulusan atau alumni tidak sedikit yang menjadi Dai/Da’iah, pengamalan dzikir, fikir dan amal sholeh yang konsisten, dan penggemblengan skill melalui ekstra kurikuler.

Diketahui, rangkaian acara Milad ke-23 Pondok Pesantren Asy-Syifa Padaherang, Kabupaten Pangandaran ini mengusung tema ‘Mulia Ilmu Lewat Ilmu dan Akhlak’. Berlangsung selama 27-29 Maret tahun 2024.

Rangkaian acara pada milad tersebut diisi dengan perlombaan dan festival, yaitu diantaranya Festival Marawis Ponpes Asy-Syifa Padaherang,

Pada perayaan puncak milad dimeriahkan dengan Pentas Kreasi Santri, Tabligh Akbar dari Lembaga (KMP) Korps Mubaligh Pasundan Pengurus Cabang Kabupaten Pangandaran.

“Selain itu diisi pula dengan acara dzikir, doa bersama, buka bersama alumni Asy-Syifa Padaherang,” pungkasnya. (Saefullah/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPKK Kota Banjar Akan Gelar Bazar Pakaian Murah, Hasil Penjualan Disumbangkan untuk Kebaikan Bersama
Artikulli tjetërSambut Nuzulul Qur’an Ramadhan 1445 H, Ratusan Santri dan Warga Adakan Pawai Obor