Satlantas Polres Ciamis menggelar Ops Patuh Lodaya 2023. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis akan menggelar operasi keselamatan lalu lintas atau Ops Patuh Lodaya 2023.

Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Asep Iman Hermawan mengatakan, Ops Patuh Lodaya ini akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 10 hingga 23 Juli 2023.

Dalam operasi tersebut, petugas dari Satlantas Polres Ciamis akan menindak pelanggar lalu lintas yang kasat mata.

“Operasi Patuh Lodaya ini kami secara fleksibel menindak pengendara yang kasat mata melanggar,” kata AKP Asep kepada PasundanNews.com, Jumat (7/7/2023).

Satlantas Polres Ciamis pun kata AKP Asep sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat tentang keselamatan dan kepatuhan berlalu lintas.

“Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Kamseltibcar Lantas. Sehingga angka kecelakaan lalu lintas khususnya wilayah hukum Polres Ciamis akan menurun,” jelasnya.

Adapun sasaran pada Ops Patuh Lodaya ini mulai dari pengendara yang tidak memakai helm, berboncengan lebih dari tiga orang, memakai knalpot bising atau tidak berstandar SNI.

Selanjutnya, pengendara yang sengaja menggunakan handphone saat berkendara, kendaraan yang melawan arus.

Lalu, pemaikaian rotator tidak sesuai peruntukan, balap liar hingga pengendara yang terlihat tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Sedangkan untuk lokasinya antara lain yaitu di lokasi rawan laka, lokasi rawan macet dan lokasi rawan pelanggaran,” jelasnya.

AKP Asep mengungkapkan, saat ini masih terdapat masyarakat dalam berkendara yang belum patuh atau disiplin mentaati peraturan lalu lintas.

Menurutnya, masyarakat umumnya beralasan lantaran jaraknya dekat, sehingga tidak menggunakan helm atau melawan arus.

“Sebetulnya bukan jauh atau dekat, tapi kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dan kami pun akan terus meningkatkan edukasi keselamatan lalu lintas kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia pun berharap kegiatan Ops Patuh Lodaya ini dapat berjalan lancar dan berdampak signifikan dalam menekan angka kecelakaan.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk selalu  mematuhi peraturan lalin demi terciptanya Kamseltibcar dan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Ciamis.

“Semoga kegiatan OPS Lodaya ini berjalan lancar. Partisipasi masyarakat juga sangat kami harapkan demi terciptanya keamanan dan keselamatan lalu lintas,” pungkasnya. (Hendri/PasubdanNews.com)

Artikulli paraprakBaznas Beri Bantuan Biaya untuk Pengobatan Anak Bocor Jantung di Maleber Ciamis
Artikulli tjetërBapenda Ciamis Berikan Puluhan Handphone dan Doorprize Menarik Bagi Warga yang Bayar Pajak Menggunakan Aplikasi