Pj (Penjabat) Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau OPM (Operasi Pasar Murah) yang berlangsung pada Rabu (15/5/2024). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pj (Penjabat) Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau OPM (Operasi Pasar Murah) yang berlangsung pada Rabu (15/5/2024).

Kegiatan tersebut bertempat di Alun-alun Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Pj Bupati Ciamis juga turut memastikan agar OPM berjalan lancar, nampak warga Cisaga secara meriah menyambut kegiatan itu.

Pasar murah ini menawarkan berbagai bahan pokok dengan harga terjangkau.

Mulai dari beras, minyak, telur, daging, sayur-sayuran dan bahan pokok lainnya menjadi buruan warga masyarakat di Kecamatan Cisaga.

“Operasi pasar murah ini juga sebagai bagian dari upaya konkret Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam mengendalikan laju inflasi,” ujar Pj Bupati Ciamis kepada PasundanNews.com.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, lanjutnya, ingin membuka dan memberi akses kepada warga masyarakat.

Guna mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang murah namun tetap berkualitas.

OPM sebagai Upaya Kendalikan Inflasi Daerah

Lebih lanjut, Pj. Bupati Ciamis mengungkapkan kegiatan pasar murah ini dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi khususnya di Kabupaten Ciamis.

Selain itu juga meringankan beban masyarakat khususnya yang daya belinya masih rendah.

“Ini menjadi salah satu aksi nyata Pemkab Ciamis mencegah terjadinya Inflasi dengan cara menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau dan berkualitas, semoga dapat membantu masyarakat,” jelasnya.

Adapun tujuan dari GPM (Gerakan Pasar Murah) ini adalah untuk menjaga ketersediaan dan harga pangan di Kabupaten Ciamis.

Sebanyak tujuh kali kegiatan GPM telah dijadwalkan selama tahun 2024.

Hingga saat ini, sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali di Kecamatan Cikoneng, Kecamatan Sadananya, dan Kecamatan Tambaksari.

Diketahui anggaran kegiatan GPM ini berasal dari dekonsentrasi Badan Pangan Nasional (BAPANAS).

Sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menyediakan solusi terhadap permasalahan inflasi.

Selain melalui GPM, upaya ketersediaan dan harga pangan di masyarakat juga diwujudkan melalui Bazar Belanja Murah (BBM), sebuah inovasi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Ciamis.

Tercatat selama Januari hingga April, BBM telah berlangsung di 14 kecamatan, memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

“Diharapkan, melalui langkah-langkah ini, laju inflasi di daerah dapat terkendali sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Pj Bupati Ciamis.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakP3DW Kota Banjar Intensifkan Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor
Artikulli tjetërDirut Pesona Kahuripan Berbagi Inspirasi dengan Ratusan Pelajar SMA Informatika Ciamis