Petani Milenial Ciamis Tanam 40 Ribu Porang. Foto;/Istimewa

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kembali minat bertani dikalangan pemuda, Asosiasi Petani Milenial Galuh Ciamis menggelar gerakan tanam 40 ribu porang.

Kegiatan ini digelar dikawasan blok Sayang Kaak Gunung Cupu Ciamis, Minggu (20/12/2020), dilaksanakan atas kerjasama pemuda Karang Taruna, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ciamis dan petani pegiat porang Ciamis.

Ketua Asosiasi Petani Porang Milenial Ciamis, Rd.Ega Anggara Al-Kautsar mengatakan, kegiatan ini membuktikan bahwa para pemuda bisa berkiprah lebih jauh di bidang pertanian, khususnya tanaman porang.

“Intinya saat ini para petani milenial mulai berkiprah dengan wujud gerak nyata (real action) untuk bertani, khusunya menanam porang. Ini tentunya bisa menjadi contoh untuk pemuda dan masyarakat lainnya dalam meningkatkan minat bertani,” kata Ega.

Ega pun mengajak kepada para pemuda untuk tidak ragu dan malu dalam bertani. Pemuda bisa berkiprah lebih jauh di bidang pertanian.

“Mari kita bersama-sama berkiprah, tak usah ada istilah malu bertani tapi saat ini kita harus bangga menjadi petani,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ciamis Slamet Budi Wibowo mengapresiasi dan mengaku bangga kepada para petani milenial Ciamis yang telah memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam ditanami 40 ribu porang. Hal itu kata Slamet bisa menjadi pilot projek bagi daerah lain.

“Kami mengapresiasi dan merasa bangga dengan wujud nyata para pemuda milenial Ciamis ini dalam bertani” ujarnya.

Dinas Pertanian pun lanjut Budi, akan membantu para petani porang milenial Ciamis dalam pemasaran melalui CV Sanindo Putra Bandung yang sudah kerjasama dan siap menampung ketika panen porang.

“Kami siap melakukan pendampingan kepada para petani milenial Ciamis dari mulai membudidaya sampai ke pemasarannya” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan Perkumpulan Penggiat Porang Nusantara (P3N) Ciamis, Nurmutaqin menilai saat ini porang menjadi salah satu komoditas di bidang pertanian yang banyak diminati.

Sehingga hal ini menurutnya sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Ia mengaku saat ini pun dirinya tengah menanam porang di lahan seluas 4 hektar.

“Merasa bangga melihat para pemuda milenial Ciamis yang aktif bertani. Terus berinovasi dan dikembangkan. Melihat lokasi ini sangat cocok, selain menanam porang, kondisinya pun sangat mendukung jadi sebuah destinasi wisata,” ucapnya.

Artikulli paraprakBreaking News: Kebakaran Hebat Asrama Mako Brimob Kelapa Dua
Artikulli tjetërPSBB DKI Jakarta Berakhir Hari Ini, Anis: “Akan Diperpanjang Jika Kasus Covid Meningkat”