Beranda Polhukam Petani Jawa Barat Konsolidasi Pilih Jokowi-Amin

Petani Jawa Barat Konsolidasi Pilih Jokowi-Amin

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG — DPW Serikat Petani Indonesia (SPI) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Konsolidasi Tim Petani Pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (TPPJA) SPI Jawa Barat di Sekretariat DPW SPI Jawa Barat, Kota Bandung. Konsolidasi dipimpin langsung oleh Ketua Umum SPI Henry Saragih, Ketua DPW SPI Jawa Barat Tantan Sutandi, beserta perwakilan petani dari DPC SPI Sukabumi, DPC SPI Cirebon dan DPC SPI Bogor.

Henry Saragih menyatakan SPI telah memberikan mandat kepada Jokowi untuk menjalankan visi kedaulatan pangan SPI tahun 2014-2024 di Sekretariat DPP SPI pada tanggal 1 Mei 2014 lalu, Jokowi pada momen tersebut langsung bertemu dengan perwakilan petani SPI di 18 Provinsi se-Indonesia . Dalam pilpres 2019 ini, SPI kembali mendukung pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Jokowi dinilai telah menunjukkan perhatian khusus terhadap petani. Selama kepemimpinannya, Jokowi meningkatkan anggaran kementerian pertanian hingga dua kali lipat. Berulang kali Jokowi juga menekankan bahwa kebijakan anggaran tersebut harus dipastikan untuk kesejahteraan petani.

“Dalam tiap kesempatan, kebijakan yang diambil, kita selalu mendengar berulang-ulang pesan Jokowi ‘untuk kesejahteraan petani’. Baru kali ini seorang presiden selalu menyebut dan memuliakan petani dalam tiap kesempatan. Petani mendapatkan tempat dan perhatian khusus, serta menghapus stigma lama tentang profesi petani yang tidak memiliki masa depan. Hal ini penting, agar petani lebih sejahtera dan memiliki kebanggan terhadap profesinya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (28 /01).

Hal ini juga diperkuat oleh Ketua SPI Jawa Barat Tantan Sutandi, menurutnya, dalam menyejahterakan petani, Jokowi juga masih bekerja untuk menjalankan reforma agraria. Walau belum sempurna dan menghadapi banyak tantangan, Jokowi terus menunjukan komitmen kuat untuk memuliakan petani agar memiliki tanah.

“Jokowi juga telah konsisten memajukan ekonomi pedesaan untuk mengentaskan ketimpangan ekonomi melalui program reforma agraria dan bantuan sosial. Di kancah internasional pengesahan hak asasi petani di perserikatan bangsa bangsa merupakan bukti nyata bahwa Jokowi sangat peduli terhadap petani,” imbuhnya.

Selain itu para perwakilan petani yang hadir, mengatakan, bahwa bagi kami petani SPI Jawa Barat, Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah sosok yang amanah, dekat dengan rakyat, serta memiliki rekam jejak bersih dari penyalahgunaan kekuasaan.

“Hal inilah yang menjadi penilaian kami, terlebih Jokowi sosok yang merakyat berpasangan dengan Kyai Ma’ruf Amin yang merupakan ulama besar. Melalui program jaminan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Keluarga Sejahtera dan Kartu Indonesia Pintar. Program jokowi sangat meringankan keluarga petani untuk mengakses layanan kesehatan dan pendidikan. Untuk itu, kami petani SPI Jawa Barat akan mendukung 100 persen untuk memilih Jokowi kembali pada pilpres 2019” tutupnya. (*)