Latihan Kader 1 (Basic Training) HMI Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rumah Peradaban menjadi kampanye pengurus HMI Komisariat Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Cabang Ciamis periode 2022-2023.

Dalam rangka memaknai tagline tersebut, menjadikan nilai rumah peradaban menjadi semangat bagi para pengurus HMI Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis.

Termasuk semangat ini menjadi penguat untuk menjalankan kewajiban perkaderan di HMI Tarbiyah Ciamis.

Berkenaan dengan itu, Latihan Kader 1 (LK 1) telah sukses terlaksana oleh pengurus periode 2022-2023.

Kali ini merupakan yang kedua kalinya LK 1 terlaksana. Tepatnya berlangsung pada tanggal 17-19 November 2023 yang bertempat di Gedung DPD KNPI Kabupaten Ciamis.

Komitmen perkaderan telah rampung dengan ditandai selesainya LK 1 HMI Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis pada Minggu (19/11/2023).

Ketua Pelaksana LK 1, Wida mengatakan LK 1 diselenggarakan selama tiga hari dengan diikuti peserta sebanyak 18 orang.

Ia menuturkan, dalam kaderisasi LK 1 HMI terdapat materi wajib yang  sudah di berikan kepada peserta.

Seperti materi Sejarah Peradaban Islam, Konstitusi HMI, NDP HMI, Mission HMI dan Kepemimpinan Manajemen dan Organisasi.

“Para pemateri sangat luar biasa, para alumni HMI Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis juga turun lapangan, banyak yang mengisi materi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis, Saiman menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan LK 1.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh orang-orang pilihan yang memberikan arahan serta masukan untuk mendorong terlaksananya LK 1 Komisariat Tarbiyah IAID Ciamis,” ungkapnya.

Menjadi Insan Cita

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Ary Mustamiin Muadz menyampaikan bahwa ber-HMI bukan untuk mendapatkan popularitas.

“Masuk HMI bukan untuk gagah-gagahan namun tanamkan di dalam hati bahwa ketika sudah diikrar tentu tanggungjawab seorang kader HMI harus dipikul. Sesuai dengan tujuan HMI yaitu ‘Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Islam dan Bertanggung Jawab atas Terwujudnya Masyarakat Adil Makmur yang Diridhoi Allah SWT,” terangnya.

Ia juga berharap kepada kader-kader HMI yang telah diikrar agar tetap berproses dan belajar di HMI.

Hal senada disampaikan Koordinator MD KAHMI Ciamis yang diwakili Tohirin, S.Pd.I., menurutnya LK 1 merupakan gerbang utama untuk berproses di HMI.

“Ini merupakan awal, masih panjang jalan untuk berproses di himpunan ini. Ber-HMI adalah komitmen untuk terus berupaya mencapai tujuan HMI, menjadi insan cita untuk membentuk masyarakat cita,” katanya.

Karena, tambah Tohirin, tujuan HMI inilah yang harus dilaksanakan dan tanamkan dalam diri kader.

“Ketika sudah ber-HMI, organisasi harus berimbang dengan akademis tentu kedua hal itu sama pentingnya,” tandasnya.(Saefullah/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakZaskia Hamda Nabila, Penari Jaipong Cilik Kebanggaan Warga Kota Banjar
Artikulli tjetërSeorang Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tewas di Bawah Jembatan Kereta Api Cibeureum Kota Banjar