Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra menghadiri acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pada Rabu (9/8/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Sekretariat Daerah.

Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah sekaligus tasyakur hari kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia yang diisi dengan tausiyah kebangsaan.

Dalam sambutannya, Yana menyampaikan bahwa kebangsaan dan keislaman merupakan dua tata nilai yang membentuk dan membangun manusia nusantara.

Menurut Yana, warga negara Indonesia yang utuh bukan hanya memiliki persepsi kebangsaan yang kuat tetapi tidak memiliki nilai agama.

Serta bukan manusia yang memiliki pemahaman pada keagamaan yang kuat tetapi tidak mau tahu tentang keadaan bangsa.

“Warga negara Indonesia yang kuat adalah mereka yang mencintai agamanya secara tulus, berikhtiar dan berkomitmen dalam membangun bangsanya dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan momentum ini sejatinya jadikan spirit untuk membangun kebersamaan, persatuan  dalam bingkai keagamaan dan kebangsaan.

Hal itu menurutnya sebagai tanggungjawab moral untuk mewujudkan bangsa dan negara Indonesia menjadi lebih baik.

“Perjalanan dan perjuangan yang tak kenal lelah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dan kaum muslimin ketika berhijrah, seperti halnya perjuangan rakyat indonesia untuk meraih kemerdekaan penuh dengan tantangan dan rintangan,” paparnya.

Dua momentum bersejarah tersebut, lanjut Yana, meski berbeda peristiwanya. Tetapi memiliki spirit yang sama yaitu mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

“Dua peristiwa yang bersejarah ini, melekat dalam memory ummat Islam, sebagai modal berharga dan penyemangat untuk terus mengabdi bagi agama, bangsa dan negara,” terangnya.

Maka dari itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama menyambut kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Dengan senantiasa menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Dengan diperingatinya tahun baru Islam dan tasyakur hari kemerdekaan republik indonesia ini. Semoga masyarakat Kabupaten Ciamis senantiasa mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKomitmen Sejahterakan Guru PPPK, Bupati Ciamis Terus Upayakan Konsultasi dengan Pemerintah Pusat
Artikulli tjetërBupati Ciamis Apresiasi PWRI di HUT yang ke-61