Beranda Ciamis

Peringati HPSN 2021, DPRKPLH Ciamis Gelar Pertemuan Kader Bahas Potensi Sampah

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno saat menyampaikan materi kepada perwakilan kader pengelola bank sampah. Foto/Hendry. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HPSN 2021 atau Hari Peduli Sampah Nasional, DPRKPLH Ciamis menggelar pertemuan kader bank sampah membahas potensi sampah di masa Pandemi Covid-19, Kamis (18/2/2021) di Aula Bank Sampah Ciamis.

Kegiatan yang bertema “Mendulang Peluang Usaha Bank Sampah Dan Maggot di Masa Pandemi” ini dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno mengatakan, pihaknya mendorong pengelola bank sampah yang ada Ciamis untuk lebih semangat dan produktif dalam pemberdayaan masyarakat.

“Mendorong kepada semua kader agar tetap produktif dan lebih semangat mengajak masyarakat untuk mengelola dan menabung sampah ke bank sampah,” katanya.

Menurutnya, sosialisasi kepada masyarakat tentang sampah bisa jadi solusi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Karena bahan baku sampah bisa memiliki nilai ekonomi tinggi dan bisa menjadi peluang usaha.

“Pengelolaan bank sampah di masyarakat bisa menghasilkan uang, bahkan sampai jutaan rupiah,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan informasi kepada para kader dan pengelola bahwa bank sampah induk saat ini bisa menampung limbah minyak jelantah.

“Kami tampung dengan harga per liternya itu 3000 rupiah. Jadi masyarakat bisa mengumpulkan dan menjualnya kesini, jangan sampai dibuang sembarangan bisa merusak dan mencemari lingkungan,” terangnya.

Giyatno juga menjelaskan, saat ini sudah terbentuk sebanyak 215 bank sampah unit yang tersebar di 27 Kecamatan dan 1 bank sampah induk Kabupaten Ciamis.

Melalui bank sampah ini lanjut Giyatno, pihaknya sudah mengelola sekitar 400 ton sampah dari 560 ton sampah yang dihasilkan per hari.

“Sekitar 75 persen kita sudah kelola sampahnya. Sedangkan yang masih dalam proses pengelolaan sekitar 25 persen, itu target sampai tahun 2025,” jelasnya.

Ia pun berharap, melalui kegiatan dalam rangka memperingati HPSN ini, masyarakat bisa lebih aktif dan produktif dalam mengelola sampah, dengan cara memilah sampah dari rumah dan menabungnya ke bank sampah.

“Dimasa pandemi ini, kami mengajak masyarakat kelola sampah, mulai pilah sampah dari rumah, menabung sampah di bank sampah. Dan kita semua berharap, Ciamis bersih, sehat dan bernilai” pungkasnya.