Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi Kick Off Meeting Perencanaan Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2024 bertempat di Aula Bappeda Ciamis, Selasa (27/12/2022).

Kick Off Meeting Perencanaan merupakan penanda dalam mengawali penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2024.

Dengan tujuan untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan laksanakan pada tahun 2024.

Serta arah kebijakan dalam menyusun Rancangan Awal RKPD dan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyebutkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang krusial.

Pasalnya tahun tersebut merupakan tahun terakhir periode RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

“Seluruh perangkat daerah agar betul-betul prioritaskan program yang mampu untuk menuntaskan target-target pembangunan yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Formulasi Arah Kebijakan 2024 secara Maksimal

Bupati Ciamis pun berpesan kepada seluruh perangkat daerah agar dapat memformulasikan arah kebijakan tahun 2024 secara maksimal.

Sehingga menghasilkan perencanaan yang tepat sasaran, produktif dan dapat memberikan manfaat dan dampak yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Ciamis.

Herdiat juga menyampaikan bahwa tahun 2024 terdapat agenda penting yang harus jadikan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

“Tahun 2024 terdapat agenda penting yaitu Pemilihan Umum dan Pilkada serentak,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah H. Tatang mengatakan maksud dan tujuan kegiatan kick off meeting tersebut.

Kegiatan tersebut kata H Tatang adakah untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan Pemda laksanakan pada tahun 2004.

Serta kebijakan dalam penyusunan rancangan awal RKPD dan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah tahun 2024.

“Kami berharap dengan kegiatan ini peserta memiliki bekal pemahaman untuk menganalisis data dan informasi potensi daerah serta menginterpretasikannya secara terstruktur dalam penyusunan rencana pembangunan daerah,” terangnya.

Pada acara ini juga dihadiri oleh narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan terkait Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Antara lain yaitu mengenai capaian indikator makro sampai dengan tahun 2021, isu strategis pembangunan daerah serta arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Barat Tahun 2024.

Selanjutnya dari Bappeda Provinsi Jawa Barat juga menyampaikan rencana jadwal perencanaan Provinsi Jawa Barat dan jadwal input usulan Bankeu dan Hibah dari masyarakat, desa maupun Pemerintah Kabupaten kota di SIPD untuk tahun 2024.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSaka Amal Bhakti Jawa Barat, Wujudkan Generasi Muda yang Tangguh
Artikulli tjetërTemu Pengusaha dan Kemitraan Menuju Panumbangan Lebih Maju Sejahtera untuk Semua