BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Penyerahan Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) kepada para kelompok tani di Kabupaten Ciamis berlangsung pada Rabu (3/1/2024).

Hadir Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang secara simbolis turut menyerahkan alsintan secara langsung pada kegiatan yang bertempat di Aula Dinas Pertanian Ciamis.

Sebagai informasi, alsintan tersebut berupa Traktor Roda dua dan Handsprayer yang diserahkan kepada 40 Kelompok Tani yang tersebar di 25 Desa dan 16 Kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis berharap dengan bantuan Alsintan ini dapat menjadi stimulan bagi para petani untuk lebih meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Ciamis.

“Mudah mudahan dengan bantuan stimulan dari pemerintah ini dapat lebih meningkatkan hasil pertanian,” ungkapnya.

Ia menuturkan, dengan alat dan mesin pertanian ini dapat lebih mempermudah dan mengurangi resiko biaya kerja bagi petani utamanya dengan mesin pembantu berupa traktor roda dua.

Herdiat juga menyebutkan bantuan ini sebagai upaya untuk melibatkan generasi milenial dalam pertanian melalui sarana prasarana dan teknologi yang lebih baik.

“Mari manfaatkan dan gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat mengungkapkan kebanggaannya terhadap ketangguhan para petani Ciamis.

Terlebih mereka, menurut Herdiat, mampu berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, bahkan di tengah suasana pandemi beberapa tahun lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, Slamet Budi Wibowo menyampaikan bantuan yang akan diserahkan pada kesempatan tersebut yaitu berupa 10 unit traktor untuk 10 kelompok tani dan 30 handsprayer untuk 30 kelompok tani.

“Bantuan alsintan ini berasal dari APBN Tahun Anggaran 2023. Kami berharap bantuan alsintan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya nya serta dapat menunjang hasil pertanian sebagaimana yang diharapkan Bupati Ciamis,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHari Amal Bhakti ke-78, Bupati Ciamis Sampaikan Pentingnya Tingkatkan Pelayanan bagi Seluruh Umat Beragama
Artikulli tjetërPemilu Serentak 2024, Sebanyak 265 Orang Disertakan dalam Sorlip Surat Suara