Bazar Ramadhan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Guna penuhi kebutuhan jelang Hari Raya Idulfitri 1443 H, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis gelar Bazar Ramadhan.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut memang rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Bazar ini menghadirkan para pelaku usaha hasil peternakan dan perikanan sekaligus bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar.

Dengan bertempat di halaman kantor Disnakkan Kabupaten Ciamis pada Rabu (20/4/22), kegiatan Bazar Ramadhan ini berlangsung selama 2 hari.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Syarif Nurhidayat mengatakan selain bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar Bazar ini juga untuk menjaga stabilitas harga komoditas hasil peternakan dan perikanan.

“Untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, stabilitas harga komoditas dari hasil peternakan dan perikanan harus dijaga,” katanya.

Terkait komoditas yang ditampilkan, antara lain telur ayam ras, ayam kampung, ayam broiler. Lalu, ikan nila segar, sayuran, beras, daging sapi. Serta, olahan susu, olahan daging, olahan ikan dan kue-kue kering.

Bazar Ramadan Direspon Baik

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Ikan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan Perikanan drh. Asri Kurnia mengatakan kegiatan ini awalnya hanya untuk lingkup Disnakkan.

Karena merupakan program tahunan, tambahnya, saat ini berkembang mengikutsertakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

“Masyarakat sekitar wilayah Kecamatan Ciamis. Mereka sebagai sasaran dari kegiatan ini, khusus pelaku usaha hasil peternakan dan perikanan,” ujarnya.

drh. Asri juga menginformasikan bahwa setiap tahunnya jumlah peserta yang ada semakin bertambah, dengan mengacu pada catatan tahun 2021 hanya ada 10 booth.

“Tahun 2021 hanya ada 10 booth. Sedangkan tahun 2022 ini sudah bertambah lagi, tercatat sudah ada 17 booth,” pungkasnya. (Herdri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPeringati Malam Nuzulul Qur’an, Bupati Ciamis Berpesan Tingkatkan Taqwa dan Ukhuwwah Islamiyah
Artikel berikutnyaCPNS Sebanyak 163 Orang di Ciamis Mendapat SK Pengangkatan dari Bupati