Beranda Ciamis Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Ciamis Periode 2020-2025 Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Ciamis Periode 2020-2025 Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

BERBAGI
Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Ciamis periode 2020-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan.

Pelantikan pengurus APDESI Kabupaten Ciamis dilakukan oleh Ketua DPD APDESI Jawa Barat Dede Kusdinar dan disaksikan Langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Wakil Ciamis, Yana D putra, Senin (26/10/2020), di Aula Gedung PKK Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengatakan, aparat pemerintah adalah pamong masyarakat, artinya aparat harus senantiasa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Selamat atas dilantiknya pengurus Apdesi Ciamis yang baru masa bakti 2020-2025. Kita sebagai aparat pemerintah harus senantiasa melayani masyarakat dengan prima dan sebaik-baiknya melayani. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 seperti ini,” ucapnya.

Menurut Herdiat, ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pertama, aparat harus memiliki integritas yang tinggi terhadap Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Kedua, lanjut Herdiat, aparat adalah pamong yang harus melayani masyarakat dengan baik. Dan yang ketiga aparat harus rela berkorban tenaga, waktu dan pikiran untuk kepentingan masyarakat.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak ibu sebagai pengurus Apdesi Kabupaten Ciamis. Tentu sodara – sodara semua mengemban tugas yang sangat mulia serta amanah yang harus betul-betul di kerjakan dengan rasa tanggung jawab,” ungkapnya.

Ia berharap kepala desa dan jajaran pengurus Apdesi Kabupaten Ciamis dapat menjalankan tugas dengan profesional dan bermartabat, serta memiliki jiwa visioner untuk sama-sama bersinergi memajukan Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Ketua DPD Apdesi Jawa Barat, Dede Kusdinar berpesan kepada pengurus Apdesi yang baru dilantik untuk selalu solid dan dapat berkordinasi dengan Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

“Kami titipkan kepada rekan-rekan kepala desa serta pengurus Apdesi yang baru dilantik agar lebih solid lagi. Siap membela kepentingan bersama serta harus bisa berkoordinasi dengan semua pihak, baik eksekutif, legislatif dan yudikatif,” tuturnya.

Selain itu, Dede juga menyampaikan bahwa tugas Apdesi bukan hanya membantu perangkat desa yang bermasalah, tetapi juga mampu berinovasi melihat dan mengembangkan potensi yang ada di setiap desa.

“Saat ini kami memiliki program safari. Kami keliling dan melihat inovasi-inovasi desa yang ada di Jawa Barat,” Ucapnya.

Ketua Umum Apdesi Kabupaten Ciamis periode 2020-2025, Yoyo Wahyono mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh kepala Desa se Kabupaten Ciamis yang telah memberikan amanah memimpin Apdesi Ciamis Lima tahun ke depan.

“Amanah dan kepercayaan yang kami emban adalah suatu penghormatan. Tapi juag beban yang luar biasa, kami dan jajaran pengurus, para kepala desa harus mengikuti aturan-aturan yang ada di Apdesi kabupaten ciamis,” ucapnya.

Menurutnya, yang menjadi embanan tanggungjawab luar biasa adalah harapan seluruh Kepala Desa dan harapan seluruh Perangkat Desa untuk aspirasinya harus diperjuangkan.

“Bahwa Apdesi merupakan organisasi profesi yang mana didalamnya adalah para kepala desa dan perangkat desa. Tentu kita harus memperjuangkan hak dan kewajiban. Haknya harus diperjuangkan dan kewajiban kita sebagai aparatur pemerintah desa dan sebagai kepala desa harus dilaksanakan,” katanya.

“Terimakasih saya ucapkan kepada bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati Ciamis sebagai pembina Apdesi Ciamis. Kami mohon dukungan, dorongan serta arahannya supaya Apdesi Ciamis ke depan memberikan kontribusi untuk Pemerintah Desa menjadikan desa yang maju, mandiri, kuat dan sejahtera” tuturnya.

BERBAGI