Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar didampingi Kabid Kebersihan, Giyatno saat menyerahkan hadiah satu unit motor kepada pemenang program bank sampah di Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeunjing Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) memberikan penghargaan kepada penggiat peduli lingkungan di Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeunjing Ciamis, Senin (14/6/2021).

Penghargaan tersebut untuk nasabah Bank Sampah Ciamis (BSC) dalam kategori bank sampah unit dan bank sampah perorangan.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan pengundian secara langsung saat acara peringatan Hari Jadi Ciamis yang ke 379 tahun.

Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan, dalam penghargaan tersebut ada dua kategori yang berhak mendapat penghargaan hadiah satu unit motor.

Kategori pertama yaitu bank sampah unit dan kategori yang ke dua yaitu bank sampah perorangan.

“Hasil pengundian, untuk kategori bank sampah unit pemenangnya yaitu bank sampah Compas. Dan kategori perorangan oleh pak Diding Rohyana, warga Karanganyar Cijeungjing,” kata Taufik.

Menurut Taufik, program bank sampah sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam hal pengurangan dan penanganan sampah di Ciamis.

“Alhamdulillah program bank sampah di Ciamis sampai saat ini berjalan lancar,” ucap Taufik didampingi Kabid kebersihan Giyatno.

Taufik menjelaskan, kategori bank sampah unit yaitu bank sampah yang sudah berjalan selama dua tahun dan sudah melakukan transaksi menabung di BSC minimal 12 kali transaksi.

Selain itu, bangunan bang sampah yang ada merupakan hasil swadaya pengurus atau nasabah.

Kemudian adanya continuetas menabung di BSC, serta memberikan nilai manfaat untuk masyarakat dengan adanya bank sampah

Sedangkan untuk kategori perorangan yaitu sudah menjadi nasabah BSC minimal satu tahun dan menabung ke BSC minimal 12 kali transaksi.

“Kemudian akumulasi saldo tabungan nasabah minimal satu juta. Nasabah juga ikut mensosialisasikan program menabung sampah,” tuturnya.

Taufik pun mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama mengelola dan memilah sampah mulai dari rumah.

Dengan memilah sampah, kata Taufik, masyarakat bisa mendapat penghasilan sekaligus menyelamatkan lingkungan.

“Selain lingkungan menjadi sehat, bersih dan bernilai, nabung sampah juga menjadi salah satu solusi untuk meringankan kebutuhan sehari-hari. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ucapnya.

Taufik pun mengucapkan terimakasih kepada penggiat peduli lingkungan serta masyarakat Ciamis yang telah bersama – sama mensukseskan program bank sampah.

“Melalui program bank sampah ini mari kita sama-sama jadikan Ciamis menjadi Kabupaten yang bersih dan bernilai. Kita jaga alam, alam jaga kita,”

Artikulli paraprakTolak Herman Deru Calon Presiden 2024, Bambang: Lebih Baik 2 Periode
Artikulli tjetërRakor Penanganan Covid-19 Jabar, Ciamis Kembali ke Zona Oranye