Penyaluran bahan pangan tahap V di kelurahan Karangpanimbal, kecamatan Purwaharja, kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan kembali menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap V Tahun 2024.

Kali ini Pemkot Banjar menyalurkan bantuan tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Purwaharja, Kamis (30/5/2024).

Penyaluran bantuan ini dilakukan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat dan menekan inflasi.

Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, menyatakan bahwa ini adalah penyaluran kelima dalam program bantuan pangan pemerintah.

“Ini merupakan program pemerintah untuk membantu ketahanan pangan masyarakat serta salah satu langkah untuk menekan inflasi,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan ini di Kota Banjar sebanyak 17.850 KPM.

“Di Kota Banjar seluruhnya ada 17.850 KPM untuk bantuan pangan cadangan beras pemerintah,” kata Ida.

Setiap KPM Menerima 10 Kilogram Beras 

Setiap KPM menerima 10 kilogram beras sebagai bagian dari program bantuan pangan ini.

“Dengan bantuan pangan ini, masyarakat bisa menerima manfaat beras dari Pemerintah sehingga tidak perlu membeli beras. Walaupun harga beras sudah normal, namun pemerintah masih tetap membantu pangan masyarakat melalui Bapanas,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, mengungkapkan, bantuan pangan ini diberikan kepada KPM di beberapa kelurahan dan desa di wilayahnya.

“Untuk KPM di kecamatan Purwaharja yakni Kelurahan Purwaharja 494 orang, Kelurahan Karangpanimbal 679 orang, Desa Raharja 373 orang, dan Desa Mekarharja 484 orang,” katanya.

Bantuan pangan ini akan diberikan setiap bulan selama kurun waktu enam bulan.

Ia berharap program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang masih belum sepenuhnya stabil.

“Kami berharap bantuan ini bisa terus berlanjut dan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” tambahnya.

Program ini disambut baik oleh masyarakat yang menerima bantuan. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan beras ini, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Kami sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya bantuan ini, berasnya sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Yayat salah satu penerima bantuan dari Lingkung Parungsari.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakFKB Gelar Ciamis Economic Forum, Gagasan Kolaboratif untuk Pembangunan Ekonomi 2045
Artikulli tjetërPolres Banjar Tangkap Pelaku Penganiayaan dan Pengeroyokan di Jalan Kapten Jamhur