Pesantren Ramadhan ini berlangsung pada Rabu (20/3/2024) dan dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Gedung K.H Irfan Hielmy (Komplek Islamic Center) Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Ciamis menggelar Pesantren Ramadhan tingkat Kabupaten tahun 1445 H/2024 M.

Penyelenggaraan tersebut merupakan yang ke-2 kalinya. Kini, acara itu dapat terlaksana atas kerjasama berbagai pihak.

Antara lain Pemerintah Daerah, MUI, Kantor Kementerian Agama, KCD Pendidikan Provinsi Jawa Barat wilayah 13, beserta lembaga keagamaan lainnya di Kabupaten Ciamis.

Pesantren Ramadhan ini berlangsung pada Rabu (20/3/2024) dan dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Gedung K.H Irfan Hielmy (Komplek Islamic Center) Ciamis.

Diikuti secara antusia, kegiatan dihadiri peserta sebanyak 375 orang, dengan mengusung tema ‘Tangguh dalam Akidah, Khusyu dalam Ibadah, Berakhlakul Karimah’.

Diketahui, untuk kepesertaan terbagi sesuai dengan jenjang pendidikan, antara lain tingkat SLTA sebanyak 150 orang.

Dengan dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Maret 2024 di Asrama KH. Moch Sirodj dan Asrama KH. Umar Nawawi Kabupaten Ciamis.

Kemudian tingkat SLTP sebanyak 100 orang, dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Maret 2024 di Asrama KH. Moch Sirodj dan Asrama KH. Umar Nawawi Kabupaten Ciamis (tidak menginap).

Sementara lansia (lanjut usia) sebanyak 100 orang, dilaksanakan pada tanggal 23 – 25 Maret 2024 di Masjid Agung Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi atas komunikasi yang terus terjalin antara pemda dengan seluruh pihak terkait.

“Hatur nuhun, masih dapat terjalin silaturahmi yang baik antara kita, suksesnya acara ini tak terlepas dari kompaknya bapak/ibu semua,” ujarnya.

Herdiat juga menyoroti kepesertaan, baginya para peserta yang mengiti pesantren Ramadhan 1445 H adalah para seniornya.

“Di usia yang tak lagi muda, bapak/ibu masih siap sigap dalam mencari ilmu, ini sangat luar biasa,” katanya.

Ia berharap, semoga dengan diselenggarakannya acara ini baik para senior maupun para peserta didik mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Bupati Herdiat sebagai tanda telah dibukanya kegiatan Pesantren Ramadhan tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2024.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Wabup Ciamis, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK beserta jajaran, Tokoh Masyarakat dan beserta Tamu undangan lainnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakErwan Darmawan Terpilih sebagai Ketua Korpri Ciamis, Pesan Bupati Herdiat Hindari Dualisme Kepengurusan
Artikulli tjetërBulan Ramadhan, ORARI Lokal Kota Banjar Akan Gelar Bagi-Bagi Takzil dan Santunan Anak Yatim