Beranda Pemerintahan Pemilihan Anggota BPD Neglasari Dilakukan Secara Langsung

Pemilihan Anggota BPD Neglasari Dilakukan Secara Langsung

Rapat panitia pemilihan anggota BPD Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi.

PASUNDANNEWS.COM, SUKABUMI — Ketua Panitia Pemilihan BPD Neglasari periode 2019-2025, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Daiman Halim, menyebutkan pihaknya saat ini telah berhasil merumuskan tata tertib pemilihan anggota BPD secara langsung.

Menurut dia, adanya aturan itu untuk mewujudkan perubahan pada tatanan pemerintahan tingkat desa. Keinginan itu sebut, Diaman selaras dengan keinginan yang kuat dari para panitia untuk hadirnya kesejahteraan masyarakat Desa Neglasari.

“Panitia sepakat bahwa langkah awal untuk mewujudkan keinginan tersebut salah satunya bisa dengan memperbaiki struktural pemerintahan desanya terlebih dahulu,” papar Daiman Halim pada reporter PASUNDANNEWS.COM, Kamis, 17 Januari 2019.

“Saya merasa sangat beruntung, karena seluruh anggota panitia pemilihan BPD kali ini memiliki kesamaan tujuan, yang mana itu merupakan bentuk kepedulian untuk terwujudnya perbaikan kondisi masyarakat di Desa Neglasari,” imbuhnya.

Selain itu sebut dia panitia setuju, bahwa untuk mewujudkan keinginan tersebut, pemilihan anggota BPD kali ini harus bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengemban amanah itu dengan baik. “Sampai akhirnya disepakatilah proses pemilihan BPD secara langsung untuk yang pertama kalinya di Desa Neglasari,” tambahnya.

Sebut dia, melalui mekanisme pemilihan secara langsung, panitia berharap masyarakat bisa memilih sendiri calon mana yang mereka percayai bisa memberikan dampak yang baik untuk kedepannya, yaitu dengan cara memberikan hak pilihnya dengan bijak.

Dari sudut pandang ketua pelaksana, pemilihan BPD secara langsung belum umum digunakan bahkan di tingkatan Nasional, masih langka. Baru ada dua daerah yang melakukan mekanisme pemilihan serupa ini. Kelangkaan inilah yang kemudian membuat panitia kesulitan untuk menemukan aturan tata tertib yang mengatur pemilihan anggota BPD secara langsung. Karena sejah ini tidak ditemukannya aturan dasarnya.
“Akhirnya para panitia pemilihan BPD Desa Neglasari bersama-sama merumuskan sendiri tata tertib untuk dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pemilihan anggota BPD secara langsung,” jelasnya.

Menurut dia, gagasan ini dipandangnya sangat bagus sebagai upaya untuk kemajuan menuju yang lebih baik lagi. Bahkan sejauh ini, kepanitiaan sudah mendapatkan apresiasi baik dari masyarakat Desa Neglasari. Daiman Halim berharap ini bisa menjadi daya dorong untuk mempercepat perubahan kepada kondisi yang jauh lebih baik, serta bisa juga sebagai produk percontohan yang bisa ditiru daerah lain apabila hal ini dinilai baik. (yusuf)