Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HarKitNas), Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) meluncurkan buku antologi berjudul “Goresan Pena Bangkitkan Kawula Muda” di Auditorium STISIP Bina Putera Banjar, Senin (20/5/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) meluncurkan buku antologi berjudul “Goresan Pena Bangkitkan Kawula Muda”, Senin (20/5/2024) di Auditorium STISIP Bina Putera Banjar.

Buku ini merupakan hasil karya 20 penulis muda dari siswa-siswi SLTA (SMA dan SMK) Kota Banjar dan sekitarnya.

Acara peluncuran buku ini dihadiri oleh sekitar 70 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Peluncuran ini menjadi momentum penting bagi para penulis muda untuk menampilkan kreativitas mereka dalam bentuk tulisan.

Ketua STISIP Bina Putera Banjar, Tina Cahya Mulyatin, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mendorong kreativitas kawula muda.

“Ini wujud cinta tanah air. Kami sangat senang bisa mewadahi kegiatan positif seperti ini. Diharapkan ini memicu kalangan kampus untuk terus meningkatkan pelayanan pada pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, termasuk melalui kegiatan literasi,” ujar Tina.

Ketua YRBK, Siti Maroah, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan buku ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada STISIP BP yang telah memfasilitasi, sampai berhasil melakukan peluncuran buku hari ini,” ucap Siti Maroah.

Setelah peluncuran buku, acara dilanjutkan dengan diskusi dan bedah buku bersama para penulis.

Diskusi ini dipandu oleh Tina Cahya Mulyatin, Sofian Munawar (Pendiri YRBK), serta dua perwakilan penulis buku, yaitu Rindi Amalia dari SMKN 4 Banjar dan Farhan Abdulah Kusuma, Duta GenRe yang juga salah satu pemenang MOKA Kota Banjar.

Dalam diskusi tersebut, Sofian Munawar menyampaikan harapannya agar buku ini dapat memberikan manfaat dan menjadi inspirasi bagi kawula muda serta masyarakat umum.

“Semoga buku ini bermanfaat dan menjadi sumbangsih kawula muda, terutama dalam momentum emas HarKitNas. Diharapkan ini menjadi inspirasi tersendiri bagi kawula muda maupun warga masyarakat umumnya untuk terus bangkit bersemangat menyongsong masa depan yang lebih gemilang,” ujar Sofian.

Dengan adanya peluncuran buku ini, diharapkan semakin banyak kawula muda yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam membangun bangsa melalui karya-karya kreatif mereka.

Buku “Goresan Pena Bangkitkan Kawula Muda” menjadi simbol semangat kebangkitan dan inovasi para pemuda dalam memajukan Indonesia.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut
Artikulli tjetërHarkitnas 2024, Kapolda Jabar Sebut Dua Dekade Kedepan sebagai Momen Krusial Masa Depan Indonesia