Beranda Ciamis

Peduli Lingkungan, FPL Ciamis Gelar Aksi Pungut Sampah

Foto/Dok. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Forum Peduli Lingkungan atau FPL Kabupaten Ciamis melakukan aksi peduli lingkungan dengan bersih-bersih memungut sampah yang ada dalam saluran air atau selokan, Minggu (18/10/2020).

Aksi bersih-bersih pungut sampah ini berlokasi disekitar bank sampah Sakola Motekar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya Ciamis.

Kegiatan tersebut juga melibatkan beberapa komunitas motor dan komunitas pemuda Ciamis diantaranya, GMC, Formacis dan Balad Galuh Ciamis.

Para pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut tampak bersemangat memungut sampah dari selokan.

Sampah yang sudah dipungut kemudian dikumpulkan dalam karung yang sudah disiapkan sebelumnya, yang nantinya akan dipilah di bank sampah.

“Aksi peduli lingkungan ini bekerjasama dengan Sakola Motekar dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis,” kata Ketua FPL Ciamis, Dian Sholeh Wardiana.

Dian menuturkan, aksi peduli lingkungan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan kali ini lebih menitikberatkan pada implementasi nilai gotong royong di tengah masyarakat khususnya para pemuda.

“Semangat gotong royong harus terus di gelorakan khususnya kepada kaum muda. Karena ini merupakan ruh di masyarakat, ajaran Pancasila sila ke tiga, yaitu Persatuan Indonesia,” tuturnya.

Dian yang akrab disapa Gozin ini juga mengatakan, selain melakukan gotong-royong pungut sampah, ada beberapa agenda dalam aksi peduli lingkungan kali ini.

“Ada beberapa agenda kegiatan juga, seperti pengenalan lingkungan, pemilahan sampah di bank sampah, dan handmade dari sampah,” katanya.

Dian berharap, aksi peduli lingkungan dengan melibatkan beberapa komunitas pemuda ini bisa lebih meningkatkan nilai gotong royong masyarakat dalam membersihkan lingkungan.

“Berharap, gotong royong masyarakat dalam membersihkan lingkungan terus meningkat. Ini sebagi bentuk kepedulian kita bersama dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajadi, Emo Suherlan sangat mengapresiasi kegiatan aksi peduli lingkungan yang dilaksanakan FPL Ciamis bersama para pemuda.

Menurutnya, aksi sosial seperti ini merupakan kegiatan yang positif. Terlebih, dalam pelaksanaannya melibatkan kalangan pemuda.

“Senang dengan adanya aksi bersih-bersih pungut sampah ini. Setiap minggu juga di Sakola Motekar ini sering ada kegiatan positif. Terimakasih banyak kepada Forum Peduli Lingkungan dan DPRKPLH Ciamis” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

.