Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis melaksanakan program National Urban Water Supply Project (NUWSP). Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis tengah melaksanakan program National Urban Water Supply Project (NUWSP).

Program tersebut sesuai arahan pemerintah pusat melalui Direktorat Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima PasundanNews.com, Kamis (8/9/2022), Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Cece Hidayat mengatakan, program NUWSP ini dalam upaya mewujudkan target akses air minum layak 100 persen dan akses aman air minum 30 persen.

“Program ini untuk menangani masalah air minum dengan dukungan teknis Kementerian PUPR,” ujarnya.

Sementara itu, program ini mendapat pengawalan juga dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pembina pemerintah Daerah.

Kemudian, NUWSP tidak hanya berupa kegiatan fisik, melainkan pendampingan teknis dan capacity building secara menerus.

“Sehingga diharapkan Pemda dan Perusahaan daerah air minum yang jadi peserta program NUWSP bisa menerapkan tata kelola pemerintahan bidang air minum yang baik atau good water governance,” terangnya.

Pelaksanaan Kegiatan NUWSP di Ciamis

Terkait pelaksanaan kegiatan program NUWSP di Kota Ciamis adalah untuk Pengadaan dan pemasangan Jaringan Distribusi Utama dan Jaringan Distribusi Bagi (JDB), meliputi:

Jaringan Distribusi Utama (JDU):

1. Pengadaan dan pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) ND 400 mm, 315 mm dan 200 mm Sepanjang ± 524 meter di ruas jalan Jend. Ahmad Yani;

2. Pengadaan dan Pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) ND. 250 mm dan 200 mm sepanjang ± 2.923 Meter di ruas jalan R.E. Martadinata;

3. Pengadaan dan Pemasangan Jaringan Distribusi Utama (JDU) ND. 315 mm sepanjang

± 3.013 meter di ruas Jalan Rumah Sakit dan Jalan Murod Idrus.

Jaringan Distribusi Bagi (JDB):

1. Pengadaan dan Pemasangan Jaringan Distribusi Bagi (JDB) ND. 200 mm, 160 mm, 110 mm Sepanjang ± 1.986 meter di ruas Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Stasiun dan Jalan Rumah Sakit.

2. Pengadaan dan Pemasangan Jaringan Distribusi Bagi (JDB) ND. 200 mm dan 160 mm sepanjang ± 1.614 meter di ruas jalan Handapherang Ciharalang.

3. Pengadaan dan Pemasangan Jaringan Distribusi Bagi (JDB) ND 200 mm, 160 mm dan 110 mm sepanjang ± 2.360 meter di ruas Jalan Handapherang Ciharalang.

Sumber Anggaran NUWSP

Sedangkan skema pembiayaan kegiatan NUWSP di Ciamis, bersumber dari dana APBN dan dan dari dana APBD melalui Penyertaan Modal.

“Total pagu anggaran untuk kegiatan pengadaan dan pemasangan Jaringan Distribusi Utama dan Jaringan Distribusi yakni Rp 22.133.387.222, terdiri dari APBN 16.633.387.222 dan penyertaan modal daerah Rp 5.500.000.000,” kata Cece Hidayat.

Kegiatan Program NUWSP ini tambah Cece, terlaksana tidak terlepas dari arahan dan bimbingan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam hal ini Bupati Ciamis sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) dan DPRD Ciamis.

Sehingga Perumda Tirta Galuh Ciamis dapat meningkatkan kualitas pelayanan, mengganti Jaringan Distribusi Utama dan Jaringan distribusi Bagi yang sudah melebihi umur teknis serta memperluas akses Air Minum bagi masyarakat di wilayah Kota Ciamis .(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBunda PAUD Kabupaten Ciamis Raih Anugerah Tokoh Peduli PAUD Tahun 2022
Artikulli tjetërRakor Strategi Nasional Pencegahan Korupsi di Lingkungan BUMD, KPK: Pentingnya Penguatan Fungsi dan Pengawasan