Kegiatan pawai obor Santri Pondok Pesantren Nuurussalam di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah. Foto/Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bulan Ramadhan 1444 Hijriah semakin dekat, dalam menyambut bulan suci ini berbagai masyarakat turut memeriahkan dengan sejumlah tradisi.

Salah satunya seperti yang dilakukan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurussalam yang berada di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Dalam menyambut bulan Ramadan 1444 H ini, Ponpes Nurussalam turut membuat sebuah perayaan. Perayaan tersebut adalah pawai obor.

Di sisi lain, pawai obor ini sudah menjadi budaya di beberapa tempat ketika datang bulan suci Ramadan.

Menurut Pimpinan Ponpes Nuurussalaam Solihin Susanto, S.Pd, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat sukacita dan bahagia akan datangnya bulan penuh berkah ini.

“Menurut hadits Rasulullah, bahwa barangsiapa yang berbahagia dan sukacita menyambut bulan Ramadhan maka haram baginya api neraka. Semoga para santri mendapatkan berkah bulan suci Ramadhan,” jelasnya kepada PasundanNews, Selasa (21/3/2023).

Solihin, yang juga merupakan tokoh muda Desa Jalatrang ini sangat berharap melalui momentum bukan Ramadhan dapat mengampanyekan sukacita dan rasa bahagia.

“Suka cita dan bahagia ini tentu bukan hanya bagi para santri saja, tapi juga untuk seluruh masyarakat khususnya umat muslim,” ungkapnya.

Solihin menambahkan, kegiatan pawai obor ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka Tarhib Ramadhan 1444 H.

Sebelumnya para santri Nuurussalam mengelar acara munggahan bersama dan berbagai kegiatan suka cita lainnya.

“Kegiatan juga diisi dengan berbagai kegiatan dari mulai munggahan santri sampai kegiatan puncak yaitu pawai obor,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSukseskan Pemilu 2024, Panwaslu Banjarsari Jalin Sinergitas bersama Elemen Masyarakat
Artikulli tjetërMohamad Ijudin Ajak Pemuda di Ciamis Jadikan Bulan Ramadhan Sebagai Momentum Menebar Kebaikan