PASUNDANNEWS.COM, MAJALENGKA – Warga Kelurahan Sindangkasih Lingkungan Dukuhlawi mempunyai cara unik dalam menghadapi menyambut malam takbir, Kegiatan ini merupakan tahun kedua Karang Taruna Lingkungan Dukuhlawi bersama Ikatan Remaja Mushola Al-Hidayah menggelar pawai obor mengelilingi Kelurahan Sindangkasih.

Ketua Pelaksana Edi Apriadi mengatakan kurang lebih 200 obor diarak oleh orangtua, pemuda dan anak-anak, Selasa(04/06/2018). Malam.

Edi apriadi selaku ketua pelaksana sekaligus pencetus ide gagasan kegiatan ini menyampaikan.

“bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun giroh semangat kaum remaja sindangkasih khusunya agar lebih bergairah lagi dalam hal kegiatan positif,” Pungkas Edi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Pawai Obor dan takbir keliling itu mempunyai filosofi yang sangat dalam, dimana api obor itu mempunyai makna cahaya yang akan menerangi setiap muslim yang telah melewati lebih kurang satu bulan berpuasa menahan diri dari makan, minum, dan segala hawa nafsu yang dapat membatalkanya. Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya silaturrahim dan kekeluargaan antara sesama umat muslim, umat manusia, umat sebangsa dan setanah air, yang disertai dengan ucapakan kalimat toyibah.

Jika Kerukunan antara umat beragama harus tercipta demi terciptanya masyarakat adi makmur. Maka kerukukan bertetangga, bersosial, dan sikap tenggang rasa harus tercipta demi terciptanya masyarakat yang kreatif dan inovatif. Jika dia sebagai masyarakat maka harus peduli terhadap sesama, jika dia seorang pejabat maka harus peduli pada rakyat/Masyarakatnya.

Islam telah mempertemukan antara paham kapitalis dan sosialis dalam suatu konsep yang disebut zakat sebagai bentuk cerminan untuk berbagi terhadap sesama. Oleh karenanya rasa persaudraan dalam islam sangat diperhatikan demi kemaslahatan bersama.

Lurah Sindangkasih Bendi Supriadi, S.Sos, Takbir keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri sangat positif untuk syiar Islam.

“Harapanya semoga dengan terlaksananya kegiatan pawai obor Dan takbir keliling ini dapat memberikan hal positif bagi tiap individu, warga setempat, ataupun pemerintahan setempat.” Pungkasnya.

Artikulli paraprakIdul Fitri Momentum Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan
Artikulli tjetërHikmah Ramadhan Solusi Terbaik Bagi Kerawanan Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini