Beranda Nasional Pasca Putusan MK, Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Kembali Bersatu

Pasca Putusan MK, Jokowi Ajak Rakyat Indonesia Kembali Bersatu

Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin usai memberikan keterangan pers pasca putusan MK (ANTARA POTO/WAHYU PUTRO A)

PASUNDANNEWS.COM, JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo memberikan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/06/2019) setelah MK membacakan keputusan terkait gugatan Prabowo Subianto.

Dalam pidatonya Jokowi mengatakan bahwa proses pemilu telah memberikan pembelajaran kedewasaan dalam berdemokrasi, rakyat sudah berbicara, berkehendak dan suara rakyat sudah didengar.

“Rakyat sudah memutuskan dan telah diteguhkan oleh jalur konstitusi dalam jalan bangsa yang beradab dan berbudaya. Kita telah melalui tahapan pendaftaran kampanye, kemudian pencoblosan, perhitungan suara, penetapan hasil rekapitulasi oleh KPU, pengawasan oleh Bawaslu, serta penyelesaian sengketa di MA dan MK.” Ucap Jokowi

“Putusan MK adalah bersifat final dan sudah seharusnya kita semua menghormati dan laksanakan bersama-sama. Keberhasilan bangsa Indonesia menyelenggarakan pemilu yang jujur dan adil patut kita syukuri bersama.”

Selain itu Jokowi juga memberikan ucapan terimakasih untuk penyelenggara serta penegak hukum atas terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil. serta mengajak masyarakat untuk bersatu kembali.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali, bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara Indonesia, tanah air kita tercinta. Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia.”

“Walau pilihan politik berbeda, tetapi kita harus saling menghargai. Walau pilihan politik berbeda, kita harus saling menghormati. Walau pilihan politik berbeda pada saat pilpres namun kami sampaikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh anak bangsa bagi seluruh rakyat Indonesia.” Lanjutnya

Jokowi pun meyakini, bahwa apapun hasil dari pemilu, semangat rakyat Indonesia tetap sama terutama dalam membangun Indonesia.

“Saya yakin semangat kita sama yaitu Indonesia yang bersatu untuk membangun Indonesia yang maju, yang mampu bersanding dengan negara-negara besar lainnya, membangun Indonesia yang menang menghadapi kompetisi global yang ketat, dan membangun situasi yang unggul yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.” Ucapnya