Pantai Pangandaran. Foto/Istimewa

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Pantai Pangandaran dicanangkan akan menjadi lokasi wisata Internasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

“Pantai Pangandaran akan menjadi salah satu lokasi wisata berskala internasional di Jawa Barat,” ucapnya saat meninjau sarana prasarana di Pangandaran. Jum’at (6/5/2022).

Selain itu, ia pun meninjau dan evaluasi infrastruktur hingga protokol kesehatan wisata pantai di Kabupaten Pangandaran itu.

Sebelumnya, dikabarkan Pangandaran menjadi skala prioritas. Lantaran Pak Gubernur (Ridwan Kamil) ingin Pangandaran ini menjadi wisata internasional.

“Oleh karena itu kami perlu menyediakan sarana, prasarana dan infrastruktur. Memang harus disediakan,” ujar Uu saat peninjauan.

Uu melanjutkan, momentum libur Lebaran ini merupakan saat yang tepat untuk menilai progres yang sudah dilakukan.

“Mengingat jumlah wisatawan mencapai 100 ribu orang per harinya, salah satu evaluasi yang akan ditindaklanjuti adalah di saat banyak orang seperti saat ini,” ujarnya.

Dari hasil pemantauan tersebut, Uu mencatat tiga hal utama yang akan dilaporkan untuk ditindaklanjuti, ketiga hal itu adalah masalah ketersediaan lahan parkir, masalah sampah, kemudian akses jalan pulang para wisatawan masih terhambat.

Menurut Uu, kesadaran masyarakat untuk parkir dengan benar masih minim. Sehingga masih ditemukan mobil-mobil terparkir di tengah jalan, sampai membuat kemacetan.

“Barusan banyak kendaraan yang parkir di tengah jalan, akhirnya mengganggu dan digotong, itu merepotkan warga. Oleh karena itu, hal ini juga menjadi bahan evaluasi kami. Nantinya akan dilaporkan kepada Pak Gubernur,” ujarnya.

Uu juga menemukan permasalahan akses jalan pulang, ketika berangkat, perjalanan biasanya lancar.

“Kalau saat pulang dari Pangandaran selalu macet di perjalanan, kemarin ada yang bilang sampai 7-8 jam,” katanya.

Menurut Uu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran sebenarnya sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk wisatawan pulang di libur Lebaran tahun ini.

“Untuk mengurangi kemacetan di jalur utama, ternyata sudah dipersiapkan oleh Pemkab. Tinggal mengeksekusi,” ujarnya.

Terkait penerapan protokol kesehatan, Uu mengakui bahwa wisatawan lebih longgar menerapkannya. Berbeda hal jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti arahan pemerintah. Agar menjaga protokol kesehatan meskipun sedang berada di lokasi wisata.

Pada libur Lebaran 2022, pantai Pangandaran menjadi salah satu lokasi wisata favorit masyarakat, terlihat, pantai itu dipadati oleh masyarakat yang berlibur.

“Dalam sehari, jumlah kunjungan bisa mencapai 100 ribu orang,” tutupnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKronologi Bupati Kuningan Kecelakaan saat Mudik ke Ciamis
Artikulli tjetërJelang Tahun Pemilu, WJM Intiantive Dukung Mochammad Iriawan Maju di Pilgub Jabar