Bimtek Evaluasi Kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka menerapkan budaya organisasi serta untuk menilai dan mengetahui tingkat kematangan organisasi Pemda (Pemerintah Daerah), bimtek evaluasi digelar.

Bimtek (Bimbingan Teknis) tersebut betajuk ‘Bimtek Evaluasi Kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis’, yang bertempat di Aula Setda Ciamis, Kamis (1/9/2022).

Turut hadir jajaran biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Barat dan diikuti oleh seluruh perwakilan SKPD lingkup Pemkab Ciamis serta Camat se Kabupaten Ciamis.

Dalam hal ini, Sekretaris Daerah, Dr. H. Tatang M.Pd membuka secara resmi kegiatan.

Ia mengatakan adanya berbagai perubahan yang begitu dinamis dalam lingkungan kelembagaan.

Baik tingkat nasional maupun global telah membawa konsekuensi logis terhadap tatanan kelembagaan pemerintah.

“Penyederhanaan birokrasi, pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tingginya tuntutan kualitas layanan publik termasuk diantaranya,” ucapnya.

Sehingga, fenomena tersebut, tambah Tatang harus segera direspon oleh pemerintah yang secara fungsional diperankan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang ada, dalam hal ini oleh setiap perangkat daerah.

Ia mengaku untuk merespon hal itu Pemkab Ciamis terus melakukan upaya-upaya reformasi birokrasi salah satunya pada area perubahan penataan organisasi.

“Setelah dilakukan perampingan struktur organisasi dan mengalihkan jabatan struktural ke fungsional serta proses transisi menuju sistem kerja baru perlu dilakukan juga evaluasi untuk menilai ketepatan fungsi, proses, dan ukuran pada seluruh perangkat daerah,” terangnya.

Menerapkan Budaya Organisasi dan Inovasi

Tatang menegaskan hal tersebut sesuai dengan amanat peraturan Bupati Ciamis Nomor 23 Tahun 2021 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2020-2024.

“Tanpa mengecilkan peranan beberapa elemen lain dalam organisasi struktur dan proses organisasi merupakan dua aspek pokok organisasi yang perlu menjadi perhatian dan prioritas utama,” jelasnya.

Selain itu, untuk menilai dan mengetahui tingkat kematangan organisasi Pemda maupun masing-masing perangkat daerah beberapa aspek perlu dijadikan objek penilaian diantaranya tatalaksana budaya organisasi dan inovasi.

Melalui kegiatan Bimtek ini, kata Tatang, harapannya akan dapat menciptakan struktur organisasi yang dapat beradaptasi secara responsif maupun antisipatif terhadap tuntutan perubahan lingkungan.

Serta mewujudkan proses organisasi yang efektif dan efisien tepat fungsi tepat ukuran dan sinergis secara berkelanjutan.

“Kami tidak ingin evaluasi kelembagaan ini hanya sebatas pemenuhan bukti dokumen dan pencapaian angka-angka semata, namun harus benar-benar dijadikan acuan untuk memperbaiki menyesuaikan dan menyempurnakan kondisi kelembagaan Pemerintah Kabupaten Ciamis, ” tutupnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPenambahan Pemberhentian Kereta Eksekutif di Stasiun Ciamis Terus Diupayakan
Artikulli tjetërPeringati Hari Perhubungan Nasional, Dishub UPTD P3LLAJ Wilayah III Jabar Gelar Pertandingan Voli