Kejuaraan Silat Terbuka open ke-5 tingkat Pelajar dan Umum Senior di Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kejuaraan Silat Terbuka open ke-5 tingkat Pelajar dan Umum  bertempat di Gedung Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis.

Wakil Bupati Yana D. Putra secara resmi membuka kegiatan yang dimulai pada Jumat (5/5/2023) tersebut.

Yana mengatakan, kejuaraan silat ini dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat berprestasi, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

“Selain sebagai ajang untuk memperkuat silaturrahmi, kegiatan ini nantinya bisa melahirkan atlet pencak silat yang berprestasi tingkat Nasional bahkan Internasional,” ungkapnya.

Ia menuturkan, perkembangan pencak silat di Ciamis sedikit mengalami penurunan.

Salah satunya karena gagalnya meraih medali emas pada ajang Porprov Jabar tahun lalu.

Oleh karenanya, Ia berharap pembinaan para atlet kedepannya bisa lebih perhatikan dan tingkatkan.

Salah satunya dengan melibatkan para pelatih yang memang benar-benar kompeten atau ahli pada bidangnya.

“Saya menitipkan agar anak-anak usia dini dapat dilatih dan lebih perhatikan lagi. Saya juga menginginkan agar pelatih yang melatih para atlet nantinya merupakan guru besarnya langsung,” tegas Yana.

Yana pun menyakini jika pelatihnya adalah guru besar, maka hal itu akan berdampak langsung pada atlet yang berprestasi nantinya.

“Saya yakin hasilnya akan berbeda jika guru besar yang melatih dan Ciamis dapat berprestasi pada pencak silat, meskipun memang membutuhkan waktu,” jelasnya.

Yana juga berpesan kepada para atlet dan wasit dalam agar dapat menjunjung tinggi sportifitas serta mampu bersikap objektif dalam memberikan penilaian.

“Saya titip sportifitas, wasit dan juri bertindak objektif. Jangan sampai anak-anak kita yang masih tinggi idealismenya harus dicurangi oleh keputusan-keputusan yang tidak objektif,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis kembali Raih Prestasi, Raih Penghargaan WTP dari BPK RI
Artikulli tjetërPergeseran Tanah di Baregbeg, Dinsos Ciamis Serahkan Bantuan untuk Korban