Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Masjid Agung Ciamis, pada Kamis (28/3/2024) Bupati Herdiat Sunarya sampaikan tiga pesan penting.

Hal tersebut disampaikan sebagaimana makna yang terkandung dalam diturunkannya Al-Qur’an.

Diketahui, malam tersebut merupakan momen di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan.

Menjadi kesempatan bagi Bupati Ciamis untuk mengingatkan umat manusia akan makna dan pesan yang terkandung dalam kitab suci umat muslim tersebut.

Ia menjelaskan bahwa Al-Qur’an tidak hanya merupakan kitab suci bagi umat Islam, tetapi juga membawa pesan-pesan universal bagi seluruh umat manusia.

Pertama, Al-Qur’an mengajarkan konsep tauhid, yaitu keesaan Tuhan, yang menjadi landasan utama dalam kehidupan beragama.

Kedua, Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan, memberikan arahan yang jelas dalam berbagai aspek kehidupan.

Kemudian ketiga, Herdiat sampaikan bahwa Al-Qur’an juga menjadi sumber hukum utama, yang memberikan prinsip-prinsip yang mengatur keadilan dan tata tertib masyarakat.

“Al-Qur’an, sebagai kitab suci terakhir, bukan hanya menjadi penutup dari rangkaian kitab suci sebelumnya, tetapi juga merupakan solusi dan pemecah dari berbagai masalah kehidupan,” jelasnya.

Meningkatkan Amalan Ajaran Islam dalam Kehidupan Sehari-hari

Ia menuturkan dengan mengikuti ajaran dan petunjuk yang terkandung dalam Al-Qur’an, umat manusia diharapkan dapat menemukan jalan keluar dari setiap kesulitan dan tantangan yang dihadapi.

“Peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya menjadi momen untuk mengenang sejarah diturunkannya Al-Qur’an, tetapi juga sebagai ajang untuk merenungkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya serta untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Selain menyampaikan pesan-pesan tersebut, Bupati Ciamis juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengucapkan pamit kepada masyarakat Ciamis.

Hal itu ia sampaikan mengingat masa jabatannya sebagai bupati akan segera berakhir.

Ia mengucapkan terima kasih mencerahkan dukungan yang telah diberikan selama ini dan memohon maaf atas segala kekurangan yang mungkin terjadi selama kepemimpinannya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis menyerahkan berbagai bantuan seperti bantuan sepeda motor kepada UPZ Kecamatan, buku keagamaan bagi pondok pesantren dan berbagai bantuan lainnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKisah Mantan Honorer Dishub Kota Banjar yang Kini Menjadi Pengemis di Jalanan
Artikulli tjetërNgabuburit sambil Nikmati Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Ciamis Adakan Jemput Bola saat Bulan Ramadhan