Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Kota Banjar memperingati hari konsumen nasional (Harkonas) tahun 2023. Foto/Istimewa

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Cabang Kota Banjar mengajak masyarakat untuk cerdas dalam melakukan transaksi.

Hal tersebut digelorakan Sapta Pemuda Pancasila Kota Banjar bertepatan dengan momentum Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2023.

Kegiatan pun di kemas dengan mengajak langsung para konsumen pada salah satu toko swalayan Toserba Yogya untuk cerdas melakukan transaksi, Sabtu (2/8/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya” ini hasil berkolaborasi bersama Toserba Yogya dan Dinas KUKMP Kota Banjar.

Mewakili Sapta Pemuda Pancasila Banjar, Irsyad Al-Haq peringatan mengatakan, Harkonas ini menjadi momentum yang baik dalam mengajak masyarakat untuk cerdas bertransaksi.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk konsumen agar mereka bisa memahami hak dan kewajibannya saat bertransaksi barang maupun jasa.

“Edukasi seperti ini harus terus tingkatkan agar konsumen bisa lebih paham tentang hak dan kewajibannya, sehingga akan terwujudnya konsumen yang berdaya dan ekonomi berjaya,” katanya.

Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Edi Hardianto mengatakan, pada momentum ini pihaknya berharap masyarkat khususnya para konsumen bisa lebih cerdas dalam bertransaksi.

Menurutnya, konsumen wajib mengetahui barang yang di belinya. Sehingga nantinya akan memudahkan konsumen ketika terdapat suatu masalah.

Adapun yang harus perhatikan dalam bertransaksi pertama, mereka harus mengetahui lebel produk yang dibelinya.

Konsumen harus mengetahui produk tersebut memiliki lebel SNI dan ada kadaluarsanya atau pun lebel produk lainnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada semua penyedia barang baik ritel atau pun pedagang untuk bisa menjual atau menyediakan barang yang layak konsumsi.

“Dengan begitu mereka akan terlindungi dari ancaman yang khawatirkan ada dampak dari produk itu sendiri,” ucapnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBerhasil Kembangkan Desa Sadar Hukum, Bupati Ciamis Raih 2 Penghargaan Sekaligus
Artikulli tjetërDiskusi Publik di Salareuma Kuningan, Agun Gunandjar Sampaikan Pentingnya Edukasi Keuangan Digital