Foto/Hendry.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam momentum Hari Jadi Ciamis yang ke-378, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya secara langsung melaunching dan meresmikan program Bank Sampah, Kamis (18/6/2020) di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Peresmian bank sampah tersebut dilaksankan secara virtual dikarenakn situasi pandemik Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang sampai saat ini belum usai.

“Meskipun dilaksanaan tidak secara langsung, diharapkan tidak mengurangi makna dan hikmah dari kegiatan yang dilaksanakan,” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya

Herdiat mengatakan, peresmian bank sampah tersebut merupakan salah satu proyek pembangunan tahun 2019 bersama dua proyek pembanguanan lainnya yaitu Lapang Galuh Ciamis dan pembangunan jembatan Citanduy.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga diisi dengan penyerahan penghargaan, penyerahan “kadeudeuh” bagi 327 ASN purnabakti tahun 2020, dan penyerahan hibah asset Mahkamah Agung RI melalui Pengadilan Agama Ciamis kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Kepada ASN dan seluruh masyarakat agar tetap optimis dan semangat. Kita harus mampu mengatasi situasi saat ini ditengah pandemi Covid-19 dengan segala ikhtiar yang kita lakukan. Kita juga harus tetap waspada, walaupun dari pemerintah pusat dan provinsi secara bertahap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru,” ucap Herdiat.

Ia menghimbau, kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Ciamis agar selalu mempedomani protokol kesehatan, dan membantu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam ikhtiar bersama ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Tren Covid-19 sampai dengan kemarin masih meningkat, kita sama-sama berikhtiar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, hindari kerumunan masa, hindari bersentuhan secara langsung, dan menerapkan pysical distancing,” terang Herdiat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), H. Taufik Gumelar megatakan, tujuan dari program Bank Sampah ini merupakan langkah akselerasi dalam pengelolaan persampahan, dan untuk meningkatkan efektivitas dalam penanganan sampah di Ciamis.

“Ditengah situasi yang serba terbatas saat ini, tentunya kami mengajak kepada masyarakat untuk selalu aktif dan profuktif. Dimulai dari hal yang sederhana yaitu dalam mengelola sampah untuk bisa dijadikan sesuatu yang bernilai ekomoni” paparnya.

Program bank sampah ini juga kata Taufik, merupakan salah satu upaya strategis dalam penanganan sampah di lingkungan Kabupaten Ciamis. Masyarakat juga bisa mengahasilkan nilai ekonomi dari sampah yang dikelolanya melalui transaksi bank sampah Ciamis.

“Nanti masyarakat bisa memilah sampah organik dan non organik kemudian diantarkn ke bank sampah di Jln. MR Iwa Somantri Kelurahan Ciamis dan kemudian melakukan transaksi” kata Taufik.

Sebelumnya, DPRKPLH Ciamis telah meluncurkan program Sedekah Sampah melalui pendekatan kesehatan dan agama sebagai satu refleksi nilai kebersamaan dan gotongroyong masyarakat Ciamis.

Selain membantu dalam pengelolaan sampah, sekaligus juga beramal dengan menyumbangkan sampah. Sehingga lingkungan sekitar terlihat bersih dan asri.

“Untuk program Sedekah Sampah, nanti masyarakat tinggal masukan sampah, seperti bekas botol minuman, gelas plastik, plastik/kresek yang bersih dari sampah organik ke keranjang sedekah sampah yang nantinya akan diambil oleh petugas,” tukasnya. (Hen/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakKarang Taruna Kecamatan Sadananya Menggelar Kegiatan Teras Kopi (Temu rasa dan Konsolidasi Potensi)
Artikulli tjetërAudiensi tidak dihadiri BPD dan Kepala Desa, IPPB Nilai Pemungutan Urunan Desa Melanggar Hukum