Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) atau Milangkala Desa Bunter Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis digelar pada Rabu (13/9/2023).

Turut hadir Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D. Putra sekaligus membuka acara yang bertempat di Halaman Kantor Desa Bunter, Kecamatan Sukadana.

Acara tersebut dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat, pentas seni, lomba-lomba keagamaan, istigosah serta kegiatan hiburan lainnya.

Mengawali sambutannya, Wabup Ciamis turut mengucapkan selamat hari jadi Desa Bunter ke-193.

Ia berharap Desa Bunter semakin maju serta masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera.

“Berkat kerjasama seluruh masyarakat, Desa Bunter sudah menjadi Desa maju mudah-mudahan ke depan bisa menjadi desa mandiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yana menjelaskan, bahwa yang namanya Desa maju dan mandiri bukan berarti harus merubah desa menjadi kota, namun bagaimana masyarakatnya dapat menjadi lebih produktif.

“Bahwa desa maju mandiri itu bukan berarti merubah desa menjadi kota penuh dengan bangunan megah bertingkat, banyak mall dan restoran. Namun, maksudnya bagaimana tingkat produktifitas masyarakat bisa maju dan berkembang,” jelas Yana.

Ia memaparkan, kemajuan tersebut bisa dalam bidang pertanian, perkebunan, naiknya perekonomian masyarakat yang hal itu dapat tercapai dengan kerjasama seluruh lapisan masyarakat desa.

“Maju mundurnya desa tergantung masyarakatnya tidak hanya pada kuwu, BPD atau karang taruna tapi seluruh masyarakatnya,” ungkapnya.

Terakhir, Yana juga menitipkan agar pembangunan yang dilakukan tidak terlalu menitik beratkan pada pembangunan fisik.

Melainkan juga pembangunan non fisik berupa mental spiritual, serta karakter masyarakat.

“Saya titip pembangunan di sini ke depan tidak menitik beratkan pada pembangunan fisik saja. Tetapi pembangunan non fisik juga, mental spiritual, karater juga harus digarap,” katanya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPengembangan Life Skill Melalui Pendidikan Kesetaraan di Ciamis Terus Dioptimalkan
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Penuhi Panggilan KI Jabar, Agenda Mediasi Sengketa Informasi Publik