Achmad Yurianto. Foto/Istimewa.

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM – Achmad Yurianto seorang mantan Juru Bicara Penanganan Covid-19 wafat di usia 60 tahun, Sabtu (21/5/2022).

Dikabarkan, Yurianto meninggal dunia setelah menjalani perawatan karena kanker usus yang dideritanya.

Ia sebelumnya sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat selama beberapa pekan.

Hingga pada Rabu (18/5/2022), melansir laman CNN Indonesia, Yurianto dibawa ke kampung halaman di Malang, Jawa Timur, untuk perawatan di rumah.

Sosok Yurianto dikenal publik secara luas terutama ketika menjabat sebagai juru bicara pemerintah untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pasalnya ia menjadi jubir pada Maret 2020 sampai Juli 2021.

Yurianto pernah menjadi Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) pada tahun 1986-1988. Saat itu, ketika menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Airlangga.

Pria kelahiran Malang 11 Maret 1962 tersebut kemudian mengawali karier sebagai dokter militer, dan bergabung pada 1987 menjadi Perwira Utama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya.

Setelahnya, ia sempat beberapa kali dipindahtugaskan ke beberapa daerah di Indonesia.

Karir Achmad Yurianto

Pada 2008, ia dipercaya menjabat Wakil Kepala Rumah Sakit tingkat II Dustira, Cimahi, Jawa Barat.

Yurianto kemudian diangkat menjadi Wakil Kepala Kesehatan Daerah Militer IV Diponegoro Semarang.

Hingga tahun 2011 menjadi Kepala Dinas Dukungan Kesehatan Operasi Pusat Kesehatan TNI.

Setelah itu, ia pensiun dari militer dengan pangkat terakhir sebagai kolonel, lalu pada 2014, Yurianto bergabung ke Kementerian Kesehatan.

Ia sempat menduduki jabatan Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, kemudian pada 9 Maret 2020 menjabat sebagai Direktur Jenderal P2P Kemenkes.

Terakhir, Yurianto didapuk sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan 2021-2026, dan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 22 Februari 2021.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaBus Pariwisata Tabrak Rumah di Panumbangan Ciamis, 4 Orang Meninggal Dunia
Artikel berikutnyaAchmad Yurianto Akan Dikebumikan di TPU Dadaprejo Kota Batu Malang, Besok Pagi