(foto: Istimewa)

Oleh : Ari Muhammad Syafari *)

PasundanNews.COM, –Sebelum mendalami topik diatas penulis akan mengawali dari slide ke-9 yang disajikan oleh Dr Connie Rahakundini Bakrie dalam Diskusi Publik Big Question Forum 7 Mengenali Virus Melawan Panik -Bentara Budaya pada tanggal 10 Maret  2020 di Jakarta yang berjudul  Covid –19 : Pertahanan dan Ketahanan Negara.

Dalam slide ke-9 tersebut, mengenai poin Fakta ke-II, Dr Connie Rahakundini Bakrie mengatakan; “Mantan perwira intelijen militer dari CIA, Philip Giraldi baru saja mengeluarkan pernyataan kontroversi tentang mewabahnya virus corona atau covid-19 dalam sebuah artikel yang diterbitkan Strategic Culture Foundation. Geraldi menyebutkan, bahwa virus mematikan itu tidak terjadi karena proses alami akan tetapi melalui mutasi genetika. Tapi memang sengaja diproduksi di sebuah laboratorium. Untuk menjelaskan mengapa corona virus telah menyerang satu negara khususnya selain china dengan sangat parah. Negara itu adalah iran, musuh kedua AS”.

Pendapat diatas memang menjadi sebuah diskursus yang amat menarik apalagi setahun yang lalu dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society New England Journal of Medicine di 2018, Bill Gates memprediksi akan adanya virus mematikan yang menimpa bumi.

Menurut Bill Gates ada satu area dimana dunia tidak membuat banyak kemajuan dan itu adalah kesiapan pandemi. Virus ini merupakan salah satu dari tiga ancaman terbesar di dunia. Dua lainnya adalah perubahan iklim dan perang nuklir.

Pendapat-pendapat diatas tentunya  membuat masyarakat khawatir nan menyeramkan ketika ditarik pada wadah teori-teori konspirasi tersebut.

Apa itu Virus Corona atau Covid-19?

Menurut lembaga kesehatan Amerika Serikat, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), nama corona berasal dari bahasa Latin yang berarti “mahkota”.

“Kata corona sendiri adalah bahasa latin untuk mahkota. Adanya semacam duri berbentuk seperti mahkota dipermukaan virus itu adalah alasan kenapa ia diberi nama tersebut,” sebut CDC seperti dilansir laman IB Times, Selasa (24/3/2020).

Lebih jauh lagi, CDC menjelaskan bahwa Covid-19 merupakan keluarga besar virus dengan gejala yang menyerupai pilek atau flu, mulai dari batuk, demam, gangguan tenggorokan, atau hidung meler.

Indonesia Darurat Covid-19

Wabah virus corona atau covid-19 yang berasal dari Wuhan China dan berimbas kepada perhatian dunia. Virus corona atau covid-19 juga menyebar pesat kepelosok negara-negara didunia ini. Tak lepas negara Indonesia pun terkena.

Menurut CNN Indonesia Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau covid-19 disebut bertambah menjadi 686 orang pada Selasa (24/3). Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 55 orang, dengan jumlah yang sembuh 30 orang.

Dari data itu masyarakat Indonesia harus saling membahu untuk melawan virus corona atau covid-19 secara bersama-sama. Antisipasi dan sinergitas seluruh stake holder dalam melawan virus corona atau covid-19 ini sangatlah diperlukan. Masyarakat dianjurkan tetap tenang akan tetapi selalu waspada, mengingat virus corona atau covid-19 tidak dapat dideteksi ketika menyerang seseorang.

Indonesia sendiri sudah menghimbau kepada masyarakat untuk lockdown dan social distancing, gagasan seperti ini yang harus kita dukung supaya penyebaran virus corona atau covid-19 tidak meluas. Sudah seyogyanya masyarakat Indonesia untuk terus membumingkan pencegahan virus corona atau covid-19 agar Indonesia terbebas dari penyebaran virus corona atau covid-19.

Halaman   1   2

1
2
Artikulli paraprakBalada Covid-19: Antara Nyawa Manusia dan Ketahanan Ekonomi
Artikulli tjetërCegah Corona, Warga Sindangkasih Semprotkan Disinfektan Hasil Swadaya