Posko Pengendalian Transfortasi Idul Fitri 1444 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Memasuki H-5 Lebaran tahun 2023, pada Minggu (16/4/2023), arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Ciamis masih terbilang landai.

Hal tersebut sebagaimana pantauan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis di pos pengamanan dan pengawasan mudik Lebaran tahun 2023.

Pos pengamanan itu terdapat di beberapa titik, salah satunya di Jalan Jendral Sudirman atau tepatnya di depan Puskesmas Ciamis.

Kasi Wadal OPS Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Ciamis, Fery Rochwandi mengatakan, memasuki H-7 Lebaran, untuk sementara arus mudik belum ada peningkatan yang begitu signifikan.

“Untuk saat ini, kebetulan kita baru melaksanakan kegiatan Pos Pam Mudik Lebaran, untuk sementara arus lalu lintas mudik masih landai belum ada peningkatan, terpantau dari posko pantauan kami,” kata Fery pada Sabtu (15/4/2023) lalu.

Meskipun begitu, lanjut Fery, tercatat ada beberapa kendaraan roda dua dan empat terpantau ke arah Selatan.

“Tadi juga sudah ada beberapa kendaraan baik roda dua maupun empat yang terpantau melintasi Ciamis ke arah Selatan mulai pukul 07:00 WIB pagi hari,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dalam melakukan pemantauan dan pengawasan arus mudik ini juga dilakukan melalui ATCS Traffic Counting supaya ketahuan kendaraan yang melintasi Kabupaten Ciamis.

“Jadi sekarang ada ATCS yang melakukan perhitungan atau Traffic Counting jadi tidak manual lagi seperti tahun sebelumnya,” jelasnya.

Imbauan Waspada untuk Para Pemudik

Selain itu, Fery juga menghimbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati saat di jalan dan terlebih dahulu mengecek kondisi kendaraan.

Hal itu untuk memastikan keselamatan para pemudik jika lelah lebih baik beristirahat.

“Hati-hati di jalan dan selalu ingat ada keluarga yang menunggu kepulangan kalian di rumah,” imbuhnya.

Fery menambahkan, selain mendirikan pos di depan Puskesmas Ciamis.

Dinas Perhubungan Ciamis juga mendirikan Pos pengamanan mudik Lebaran di Kecamatan Cihaurbeuti, Sindangkasih, Ciamis, Cisaga, Banjarsari dan juga Kawali.

“Kita juga bersinergi dengan Polri dan TNI serta BPBD dan ORARI serta RAFI dalam hal pengamanan mudik lebaran tahun 2023 ini,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMudik tahun 2023, Simak Peraturan Terbaru Naik Kereta Api dan Pesawat
Artikulli tjetërResmi Ditahan, KPK Amankan Walkot Bandung Yana Mulyana