Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Mapag Ramadhan yang dikemas dengan kegiatan Tabligh Akbar digelar dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kegiatan tersebut selenggarakan oleh MUI Kecamatan Panumbangan, di Lapangan Sukakerta Kecamatan Panumbangan, pada Senin (13/3/2023).

Acara Tabligh Akbar ini mengusung tema ‘Melalui Mapag Ramadhan Kita Tingkatkan Optimalisasi Zakat, Infaq dan Sodaqoh menuju Masyarakat Panumbangan yang Sejahtera’.

Turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dalam acara tersebut bersama Ketua MUI Ciamis, Ketua Baznas Ciamis dan Camat Panumbangan.

Selain itu juga para pimpinan organisasi Keagamaan dan Organisasi Kemasyarakatan se Kecamatan Panumbangan.

Pada kesempatan itu, Yana menyampaikan bahwa Baznas Ciamis telah mendapat predikat jara umum perolehan 8 kategori kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Tentu dengan telah meraih prestasi ini, maka harus berbanding lurus dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk berzakat, infaq dan shodaqoh,” ucapnya

Menurutnya substansi dari itu semua adalah bagaimana tumbuhnya kesadaran masyarakat Kabupaten Ciamis untuk melaksanakan zakat, infak dan shodaqoh.

“Karena percuma mendapat predikat terbaik, padahal keadaanya tidak sesuai dengan kenyataan,” ujarnya.

Optimalisasi Zakat melalui Perbup Ciamis

Yana juga menyampaikan bahwa untuk mengoptimalkan hal tersebut, Pemkab Ciamis telah mengeluarkan Perbup Nomor 46 tahun 2021 direvisi nomor 9 tahun 2023 tentang pengelolaan zakat.

“Melihat pada sejarah Nabi SAW dahulu dalam membangun agama Islam yang sekarang mendunia modalnya adalah zakat infaq dan shodaqoh,” katanya.

“Selain itu juga untuk menghidupkan budaya gotong royong yang saat ini semakin susah,” imbuhnya.

Yana pun berharap, Perbup tersebut dapat mendorong mengoptimalkan pengelolaan zakat

Serta membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat dan menghidupkan kembali budaya gotong royong.

“Meskipun belum 100 persen menyeluruh, namun paling tidak setiap desa sudah ada UPZ karena pada prinsipnya berbuat kebaikan itu untuk diri sendiri bukan untuk orang lain,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana, Muhammad Nurdin mengatakan kegiatan tersebut rutin laksanakan setiap tahunnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Ia melaporkan terdapat beberapa event kegiatan pada kegiatan tersebut, antara lain seperti lomba Da’i cilik dan Bazar.

Selanjutnya juga ada pasar murah dan tabligh akbar yang dilaksanakan pada hari ini.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat terwujud kesadaran masyarakat dalam berzakat, terwujudnya aset pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menggali potensi dan kreativitas generasi muda Islam,” ungkapnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPengukuhan Guru Besar di Universitas Galuh, Sekda : Ikhtiar Kabupaten Ciamis Unggul Pendidikan
Artikulli tjetërDisnakan Ciamis Gelar Bimtek Juleha agar Sesuai Standar Kesehatan dan Syariat Islam