Masyarakat setempat tengah membereskan sisa material tanah longsor. Foto/Ilham Hidayat.PasundanNews.com

BERITA BANJARANYAR, PASUNDANNEWS.COM – Longsor terjadi di Blok Balepulang, Dusun Pasiripis, RT 10 RW 003, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, pada Rabu (22/2/2023).

Longsor tersebut berasal dari tebing yang tak mampu menampung intensitas guyuran air hujan deras yang terjadi daerah Banjaranyar sejak pukul 14.30 WIB.

Sementara itu, pekarangan rumah salah seorang warga, Eman (56), terdampak longsor. Serta menutupi akses jalan oleh longsor material tanah tersebut.

Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Deni Permana mengatakan, bencana longsor itu terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan deras sertai angin kencang.

“Beruntung dalam musibah bencana tanah longsor tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dan luka-luka,” ungkap Deni.

Ia menjelaskan, saat ini warga beserta Babinsa, Babinmas, Pegawai Kecamatan Banjaranyar, Perangkat Desa Sindangsari, Relawan Ciamis Selatan (RCS), tengah melakukan gotong royong membersihkan sisa material longsor.

“Untuk menahan terjadinya longsor susulan, warga masyarakat saat ini sangat membutuhkan karung pusri,” ujar Deni.

Ia mengimbau kepada warga di wilayah Kecamatan Banjaranyar, dan sekitarnya, agar selalu hati-hati dan waspada, akan ancaman musibah bencana tanah longsor.

“Kondisi wilayah di Kecamatan Banjaranyar, daerah banyak bukit dan tebing, terlebih saat ini kondisi cuaca sedang tidak menentu,” tandasnya. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com). 

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Bangun Rumah Pompa, Antisipasi Banjir dan Tingkatkan Produktifitas Pertanian
Artikulli tjetërKompetensi Penyuluh Pertanian di Ciamis Terus Ditingkatkan