Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, M. Si menyambut Panglima TNI Andhika Perkasa dan meninjau bersama lokasi Latihan di wilayah Korem 033/WP. Foto/Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Latihan serbuan pendaratan Amfibi di Perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau ditinjau langsung Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E, M.Si., Minggu (20/11/2022).

Peninjauan lapangan tersebut dalam rangka kunjungan kerja Pangdam I/BB sekaligus menyambut kedatangan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa.

Turut hadir di acara, antara lain Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, MA, MSi, serta sejumlah Pejabat Utama jajaran Mabes TNI AL dan unsur Forkopimda Kepri.

Untuk diketahui, latihan bersama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia ditandai dengan sandi “Ausindo Amphibious Assault Exercise”, berlangsung sejak 19-20 November 2022.

Ini merupakan program latihan secara rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara mitra di kawasan Indo-Pasifik sejak tahun 2017, salah satunya TNI Angkatan Laut.

Dalam latihan ini, TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin-592 yang didukung oleh 500 prajurit, yang terdiri dari pasukan pendarat Korps Marinir TNI AL, Kopaska, serta Taifib, Helikopter TNI AL, Tim Kesehatan, serta dukungan pesawat udara F-16 milik TNI Angkatan Udara.

Sedangkan Angkatan Laut Australia akan mengerahkan personil dan Kapal Perang HMAS Adelaide, Helikopter, LCC, Zodiac, Truk Logistik, serta ambulance.

Kegiatan ini sebagai upaya menjalin hubungan kerja sama bilateral kedua negara, TNI AL dan Australian Defence Force (ADF).

Dengan menggelar latihan gabungan bersama bersandi Ausindo Amphibious Assault Joint Exercise (AAJEX) 2022 yang melibatkan TNI AU, RAN dan Royal Australian Army.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAnies Baswedan Hadir di Ciamis, Ikuti Acara Jalan Sehat HUT Nasdem ke-11 Tahun
Artikulli tjetërDishub Ciamis Berikan Penghargaan kepada Atlet Berprestasi Cabor Tenis Meja di Porprov XIV 2022