Kebakaran lahan seluas satu hektar di Dusun Cipariuk, RT 04 RW 02, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat pada Rabu (27/12/2023) malam. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kebakaran lahan seluas satu hektar di Dusun Cipariuk, RT 04 RW 02, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat pada Rabu (27/12/2023) malam, menimbulkan kepulan asap yang cukup tebal dari sisi Lembah. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

Petugas Damkar yang mendapat laporan dari warga, langsung menuju ke lokasi dengan membawa dua unit kendaraan pemadam.

Respon time terhadap laporan kebakaran ini tergolong cepat, dengan pihak pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana (BPBD) kota Banjar, anggota kepolisian Polsek Banjar, serta kadus dan warga setempat tiba di lokasi dalam waktu 20 menit.

Tindakan penanggulangan dilakukan secara manual, mengingat kendaraan tidak dapat mencapai titik lokasi kebakaran lantaran hanya dapat diakses melalui perjalanan jalan kaki.

Personil dari UPTD Pemadam Kebakaran, BPBD kota Banjar, kepolisian Polsek Banjar, dan warga setempat berupaya terus memadamkan api yang melanda lahan tersebut.

Meskipun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian, penanganan kejadian berhasil diselesaikan pada pukul 20.00 WIB.

“Belum tahu pasti apa yang menjadi penyebab dari kebakaran ini, namun kami berhasil memadamkan api selama selama dua jam meski secara manual,” ujar kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar, Aam Amijaya kepada pasundannews.com.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kejadian ini menggarisbawahi pentingnya kerja sama antar instansi dan partisipasi aktif masyarakat dalam menanggapi bencana, bahkan di lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan.

Pihak berwenang akan terus melakukan investigasi untuk mengidentifikasi penyebab pasti kebakaran lahan tersebut dan mengambil langkah-langkah preventif demi keamanan wilayah. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis Mendapat Apresiasi Bupati Herdiat, Kuatkan Kepercayaan Masyarakat
Artikulli tjetërPasangan Remaja Lakukan Tindak Asusila di Taman Kota Banjar