Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin didampingi Sekretaris DPD AMPI Ciamis, Dian Ghozin menyerahkan daging kurban secara simbolis kepada warga di lingkungan Karang, Kelurahan Ciamis. Foto/Hendri. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kurangi sampah plastik, AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Kabupaten Ciamis memilih membagikan daging kurban dengan memakai daun jati.

Hal tersebut sejalan dengan himbauan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) untuk mengurangi sampah plastik.

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor: 658.1/777-DPRKPLH.03 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin, mengatakan pihaknya menggunakan daun jati sebagai pengganti kantong plastik. Daun jati dinilai tak mudah robek dan ramah lingkungan.

“Kita memilih daun jati karena ramah lingkungan sebagai alternatif,” ungkap Ijudin kepada PasundanNews.com, Senin (11/7/2022).

Setidaknya ada 3 ekor sapi peruntukan untuk masyarakat Kabupaten Ciamis untuk disebar di beberapa titik. Ijudin menuturkan ada sekitar ribuan goodie bag yang dibagikan kepada warga.

Ijudin mengatakan akan menerapkan pembagian daging tanpa kantong plastik sebagai edukasi kepada masyarakat untuk budaya ramah lingkungan.

“Akan membiasakan ini sehingga bisa diikuti oleh masyarakat sebagai bentuk ramah lingkungan,” tuturnya.

Untuk mendapatkan daun jati, Ijudin mengaku tidak kesulitan, pihaknya mendapatkan daun jati tersebut dari warga yang memiliki pohon jati dan membawanya saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

“Tidak susah (dapatkan daun jati) karena di lingkungan kita masih banyak pohon jati. Warga, seluruh masyarakat yang terlibat di kegiatan tersebut,” imbuhnya.

Penggunaan wadah tanpa plastik, lanjut Ijudin, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat. Terlebih, sampah daun akan lebih mudah untuk terurai.

“Selain ramah lingkungan juga kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli plastik. Dau jati juga mudah terurai dan mengurangi sampah di lingkungan kita. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaRekor Pertemuan Timnas Indonesia U-19 Vs Myanmar di Piala AFF
Artikel berikutnyaTahapan Pendaftaran BUMDes Awards Dibuka, Ini Kata Bupati Ciamis