Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar melakukan penambahan jumlah petugas Sortir Lipat (Sorlip) surat suara Pemilu 2024. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar mengumumkan penambahan jumlah petugas Sortir Lipat (Sorlip) surat suara Pemilu 2024.

Petugas Sorlip yang awalnya 80 orang, kini ditambah menjadi 100 orang dalam per hari kerja.

Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, menjelaskan bahwa penambahan ini dilakukan untuk mempercepat pencapaian target 10 hari penyelesaian sorlip pada 786.590 surat suara.

“Ya, benar. Ada penambahan 20 orang petugas sorlip. Kita ambil dari warga sekitar Gudang Logistik,” ujarnya, Jumat (12/1/2024).

Mukhlis menuturkan, pada hari pertama pelaksanaan sorlip, 100 petugas berhasil menyortir dan melipat sebanyak 64.036 lembar surat suara.

Proses tersebut juga mengungkapkan bahwa terdapat 36 lembar surat suara yang mengalami kerusakan atau cacat, dengan sobekan dan noda tinta.

“Kemarin 33, sekarang bertambah 3 surat suara yang rusak, sehingga kini ditemukan 36 lembar surat suara yang rusak/cacat. Dimana surat suara tersebut sobek dan ada noda tinta,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU Kota Banjar telah menginformasikan mengenai upah atau honor untuk petugas sorlip.

Setiap lembar surat suara dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diberikan upah sebesar Rp. 198,-, sementara untuk surat suara di luar PPP, upahnya adalah Rp. 260,- per lembar.

“Peningkatan jumlah petugas ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses sorlip dan memastikan kesiapan surat suara untuk Pemilu 2024,” pungkas Mukhlis. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCaleg Golkar DPRD Kota Banjar, Ir. H. Sudarsono Gelar Kampanye Tatap Muka
Artikulli tjetërPeringatan HUT ke-51 PDI-Perjuangan, Kader dan Pengurus DPC PDIP Kota Banjar Ikuti Secara Online