Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar saat rapat kerja guna mempersiapkan pemutakhiran daftar pemilih dan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan 2024 di salah satu aula toserba di Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (29/5/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – KPU Kota menggelar rapat koordinasi persiapan pemutahiran data dan pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk pemilih di Pilkada 2924.

Rakor yang diikuti oleh perwakilan PPK dan PPS ini berlangsung di salah satu Aula Toserba di Kota Banjar,  Rabu (29/5/2024).

Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, menjelaskan tujuan rakor ini untuk memastikan data pemilih yang akurat dan pemetaan TPS yang efektif.

“Pemutakhiran data pemilih sangat penting agar kita bisa memberikan hak pilih kepada seluruh masyarakat yang memenuhi syarat,” ujar Mukhlis.

Dalam rapat kerja tersebut, para peserta mendapatkan penjelasan detail mengenai prosedur pemutakhiran data pemilih dan pemetaan TPS.

“Setiap langkah harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Kami tidak ingin ada pemilih yang terlewatkan atau data yang tidak akurat,” tegasnya.

Selain pemutakhiran data, pemetaan TPS juga menjadi fokus rapat kerja ini. Mukhlis menjelaskan, pemetaan TPS harus memperhatikan kemudahan akses bagi pemilih.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap pemilih dapat menyalurkan hak pilihnya dengan mudah dan nyaman,” kata Mukhlis.

Mukhlis juga menyampaikan harapannya agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan apa yang telah dibahas dan disepakati.

“Kami percaya bahwa dengan kerja keras dan kerjasama yang baik, kita dapat menyelenggarakan pemilu yang sukses dan bermartabat,” kata Mukhlis.

Peserta rapat juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan terkait pemutakhiran data pemilih di wilayah masing-masing.

Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi praktis yang bisa diterapkan secara luas.

Sinergitas antara Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu

Sementara itu, Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Banjar, Heri Safari, juga turut menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Heri menekankan pentingnya sinergi antara penyelengara pemilu (KPU dan Bawaslu) bersama Disdukcapil dalam menjaga validitas data kependudukan.

“Kami siap mendukung KPU dengan data yang kami miliki agar proses pemutakhiran berjalan lancar,” kata Heri.

Heri mengungkapkan, pihaknya akan terus mendukung upaya KPU dengan memperbarui data kependudukan secara berkala.

“Kerjasama ini sangat penting, menjamin dan memastikan setiap warga dapat menggunakan hak pilihnya di pilkada nanti,” ujarnya.

Para peserta rapat kerja sepakat bahwa persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antar instansi terkait adalah kunci sukses dalam menyelenggarakan pemilu yang adil dan demokratis.

“Kami berharap, melalui rapat kerja ini, kita bisa menyusun strategi yang efektif untuk menghadapi pemilihan 2024,” ujar Heri Safari.

Acara juga dihadiri oleh ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ginanjar serta jajaran komisioner KPU Kota Banjar.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPramuka Kwarran Pamarican Gelar GNP, Upaya Wujudkan Kedaulatan Pangan
Artikulli tjetërTingkatkan Toleransi Beragama Jelang Pilkada 2024, Bakesbangpol Kota Banjar Gelar FGD