KPU dan Bawaslu Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi Pemilu di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Ciamis gelar sosialisasi tahapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Sosialisasi diikuti oleh unsur Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Partai Politik, Camat serta Kepala Desa yang dilaksanakan secara langsung dan virtual.

Mewakili Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Sekretaris Daerah H. Tatang membuka kegiatan sosialisasi secara resmi di Aula Setda Ciamis, Rabu (7/9/2022).

Dalam sambutannya, Tatang menyampaikan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah secara serentak merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

Ia menambahkan, indikator kesuksesan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat sebagai pemilih yang akan menjadi legitimasi bagi pemimpin dan wakil rakyat terpilih.

Selain itu, pendidikan politik kepada masyarakat dianggap penting. Sehingga akan lebih memahami peraturan pelaksanaan dan memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas.

“Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tersebut diperlukan pemberian pendidikan politik melalui sosialisasi secara masif Kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam Pemilu nanti sangat penting untuk menentukan kemajuan negara dan Kabuaten Ciamis pada khususnya untuk 5 tahun kedepan.

“Kesuksesan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu Sebagai penyelenggara pemilihan dan para pimpinan partai politik tapi diperlukan peran serta dan dukungan semua pihak,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, harap Tatang, semoga akan meningkatkan sinergitas sinkronisasi dan harmonisasi dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada secara serentak tahun 2024 di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Ciamis Rd. Yadi Tisyadi dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam tahapan jadwal Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pemilu mendatang,” katanya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaJalin Silaturahmi, Kajari Ciamis Adakan Kunjungan ke Sirnarasa Panjalu
Artikel berikutnyaBunda PAUD Kabupaten Ciamis Raih Anugerah Tokoh Peduli PAUD Tahun 2022