Koramil 1301 Ciamis menanamkan rasa toleransi antar-umat dalam bentuk operasi bersih di Lingkungan Gereja St. Yohanes Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Koramil 1301 Ciamis menanamkan rasa toleransi antar-umat dalam bentuk operasi bersih di Lingkungan Gereja St. Yohanes, pada Sabtu (18/11/2023) pukul 07.00 WIB.

Hal itu dilakukan guna memupuk semangat toleransi antar-umat beragama. Acara berlangsung dalam giat Sabtu Kasih Sayang.

Turut hadir juga sekitar 35 orang warga setempat dengan membawa perlengkapan kebersihan yang dibawa dari rumah masing-masing.

Kemudian, anggota Koramil 1301 dengan kompak membersihkan sampah-sampah yang ada.

Dalam hal ini, Babinsa Kelurahan Ciamis, Pelda Rahmat Komarudin, menerangkan awalnya kegiatan Sabtu Kasih Sayang ini hanya melibatkan anggota TNI yang berjumlah 10 orang.

Namun ketika berkomunikasi dengan RW setempat, terang Rahmat, mendapat respons positif sehingga warga pun turut berpartisipasi dalam giat tersebut.

“Hal ini menunjukkan bahwa kerukunan di Kampung Lebak ini sungguh nyata. Kami juga sebenarnya tidak mewajibkan warga untuk terlibat. Tapi, mereka sendiri yang berinisiatif untuk hadir dan membersihkan lingkungan Gereja St. Yohanes”, ujarnya.

Menanamkan Nilai Gotong Royong

Diketahui, agenda Sabtu Kasih Sayang ini diawali dengan apel singkat yang dipimpin oleh Pelda Rahmat Komarudin.

Ia hadir selaku Babinsa Kelurahan Ciamis didampingi Romo Mikael sebagai kepala Gereja St. Yohanes.

Turut hadir juga Ketua RW setempat sekaligus ketua DKM Masjid Al-Mujahidin, Asep.

Selain anggota TNI dan warga, Kepala UPTD Kebersihan Kabupaten Ciamis, Ismail Suwangga turut menerjunkan tim kebersihannya untuk mengangkut sampah-sampah yang ada di sana.

Rahmat berharap, kegiatan tersebut semakin menumbuhkan sikap toleransi dan persaudaraan dalam keberagaman. Secara khusus di Kampung Lebak, Kampung Kerukunan di Ciamis.

“Kegiatan sederhana, bersih-bersih lingkungan namun memberikan dampak yang luar biasa dalam membangun masyarakat yang rukun,” katanya.

Sementara itu, Romo Gatot, Pengurus Gereja Katolik St. Yohanes Ciamis menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada anggota Koramil 1301 atas ajakan persaudaraan dan kebersamaannya.

“Kami dari pihak Gereja Katolik St. Yohanes Ciamis mengucapkan terimakasih kepada Koramil 1301 Ciamis yang sudah menginisiasi kegiatan Sabtu Kasih Sayang dan warga yang terlibat” ucapnya.

“Ini sebuah ungkapan kasih sayang yang nyata dan semangat kasih sayang dalam bentuk gotong royong yang sederhana tetapi penuh makna,” pungkasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Raih Penghargaan Jawara Belajar dari Kemendikbud RI
Artikulli tjetërRambutan Si Batulawang, Buah Khas Warisan Kekayaan Alam Desa Batulawang Kota Banjar