Beranda Pendidikan

Komisi IX DPR RI dan BKKBN Jabar Maksimalkan 8 Fungsi Keluarga

Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fauzi SH LLm bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Rahmat Mukkan, OPD KB Kota Depok Ani Rahmawat, Anngota DPRD Kota Depok HJ. Lahmudin saat sosialisasi Program Bangga Kencana (19/10/20)
DEPOK, PASUNDANNEWS – Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fauzi bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Rahmat Mukkan terus melakukan sosialiasi program Bangga Kencana di Depok, tepatnya di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan (19/10/2020).
“Selain Keluarga Berencana itu Keren, sorotan kami juga kepada peningkatan Gizi untuk menahan Petumbuhan angka Stanting. Kesehatan reproduksi menjadi pembahasan kami di DPR RI”. Lanjut Intan dalam sesi penyampaian materi.
Tidak lupa Intan berpesan prihal angka kematian yang disebabkan kesiapan melahirkan dan pentingnya manjaga kesehatan dimasa pandemi Covid-19.
“Karena banyak angka kematian dikarenakan belum siap untuk melahirkan. Kondisi Covid ini harus di waspadai dengan 3m, memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak, di tambah jangan berpergian keluar rumah jika tidak terlalu penting”. Tambahnya.
Baca Juga : Tak Main-main. BKKBN Jawa Barat Optimalkan Program Ke Millenial di Depok
Kemudian Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Rahmat Mukkan menyampaikan program Bangga Kencana kepada millenial.
“KKBPK namanya di ganti menjadi Dari Bangga Kencana, ini masukan dari Bu Intan agar lebih mudah di inggat oleh masyarakat, sasaran BKKBN ini adalah anak Milenieal, atau orang tua milenial, tujuannya agar adanya perubahan paradigma menjadi keluarga berkualitas”. jelas Rahmat.
“2 anak cukup sudah berganti tagline menjadi keluarga Berencana Itu keren”. Lanjutnya.
Sebagai pesan penutup Rahmat mengajak anak-anak muda gar selalu menjaga kesehatan reproduksi di masa Pandemi Covid-19.
“Dimasa pandemi reproduksi kehamilan harap dijaga, ini untuk menjaga kesehatan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya menjaga agar Covid tidak meningkat”. Tambah Rahmat.
Kesempatan tersebut, OPD KB Kota Depok Ani Rahmawat juga menyampaikan beberapa pesan kepada peserta pertemuan.
“Semoga Kondisi Covid ini cepat berlalu, depok semakin hari semakin membaik, itu terjadi karena kita menerapkan prilaku 3m Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak”. Jelasnya.
Perlu di ketahui bahwa, program Komisi IX DPR RI dan BKKBN memprioritaskan anak-anak muda atau Generasi Millenial. GenRe adalah suatu program dari singkatan “Generasi Yang Punya Rencana” yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda.

Ada delapan fungsi keluarga meliputi: (1) fungsi keagamaan, (2) fungsi social budaya, (3) fungsi cinta kasih, (4) fungsi perlindungan, (5) fungsi reproduksi, (6) fungsi sosialisasi dan pendidikan, (7) fungsi ekonomi dan (8) fungsi pembinaan lingkungan.
Angota DPRD Kota Depok HJ. Lahmudin mengapresiasi program pemerintah yang memfokuskan kelangsungan anak-anak muda dalam membangun keluarga sejahtera.
“Terimakasih Bu Intan telah hadir di tengah-tengah masyarakat, Pertemuan kali ini kebetulan di tempat posko Covid, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, semoga situasi ini semakin hari semakin membaik”. (Red)