RINGs (Rumah Insprirasi Bangsa) Ciamis bersama BKIK (Badan Kerjasama Inovasi dan Kewirausahaan) Universitas Galuh Ciamis mengandeng Anggota Komisi XI  DPR RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.,Ip.,M.Si dan Kementerian Keuangan memberikan informasi akses beasiswa kepada mahasiswa melalui Sosialisasi Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Foto/Hendri.PasumdanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rumah Insprirasi Bangsa (RINGs) bersama Badan Kemitraan Inovasi dan Kewirausahaan (BKIK) Universitas Galuh Ciamis mendorong mahasiswa mendapatkan akses beasiswa melalui LPDP.

RINGs bersama BKIK Unigal Ciamis mengandeng Anggota Komisi XI  DPR RI bersama Kemenkeu melalui LPDP memberikan sosialisasi tentang beasiswa tersebut.

Ratusan mahasiswa se Priangan Timur dari berbagai kampus mengikuti sosialisasi tersebut secara daring dan live bertempat di Hotel Priangan Ciamis, Selasa (27/6/2023).

Turut hadir Keynote Speaker secara hybrid, Anggota Komisi XI DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Agun menyampaikan apresiasi atas kegiatan kolaborasi yang terjalin baik antara RINGs dan BKIK Unigal Ciamis.

Agun pun mengajak kepada para mahasiswa untuk memaksimalkan peluang dan kesempatan beasiswa melalui pasilitas LPDP.

Ia berpesan agar para mahasiswa bisa mengikuti seleksi beasiswa secara serius serta bisa beradaptasi dengan era teknologi nantinya.

“Beasiswa LPDP ini sangat mahasiswa butuhkan. Pendidikan itu sangat penting, dan juga mahasiswa harapkan dapat memahami perkembangan digital,” terangnya.

Kolaborasi RINGs Ciamis bersama Para Pihak Fasilitasi Informasi Beasiswa LPDP

Pada kesempatan yang sama, pendiri RINGs Foundation, Mohamad Ijudin mengatakan, kegiatan ini manjadi fasilitas berharga bagi para mahasiswa.

“Ini sebuah fasilitas yang kami sediakan untuk para generasi muda, mahasiswa yang punya harapan, punya keinginan untuk melanjutkan cita-cita yang lebih tinggi melalui beasiswa LPDP,” jelasnya.

Menurutnya, banyak banyak mahasiswa khususnya asal Ciamis yang memiliki potensi dan prestasi namun terkendala biaya.

Sehingga kata Ijudin, kegiatan sosialisasi LPDP ini hadir yang harapkan menjadi sarana bagi para mahasiswa.

“Ini kesempatan yang bisa para mahasiswa manfaatkan, kami melihat bahwa potensi mahasiswa Ciamis sangat luar biasa,” tuturnya.

Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP, Lukmanul Hakim yang juga sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi menyampaikan paparan materinya.

Lukman menuturkan bahwa beasiswa LPDP ini hadir sebagaimana Mandat LPDP dalam Peraturan Presiden Nomor 111 tahun 2022 tentang Dana Abadi Pendidikan.

“LPDP ini dikhususkan untuk mengelola dana abadi pendidikan sesuai amanat peraturan perundang-undangan,” terangnya.

Lukman menjelaskan, LPDP sendiri memiliki visi bertaraf Internasional guna menyiapkan SDM Indonesia yang berdaya saing global.

Selain itu juga turut mendorong inovasi bagi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

“Sesuai mandat pada PP tersebut, LPDP memiliki visi secara taraf internasional, yang tujuannya bersama untuk menyiapkan SDM kita yang memiliki daya saing global,” jelasnya.

Apresiasi dari Para Mahasiswa, Pentingnya Informasi LPDP

Salah satu peserta sosialisasi, mahasiswa STAI PGC, Imam Murona mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan sosialisasi LPDP tersebut.

“Kegiatan seperti ini sangat saya butuhkan, dan saya mendapat informasi lebih untuk bisa dapat beasiswa melalui program beasiswa LPDP,” ucapnya.

Menurutnya, fasilitas atau ruang informasi yang berkaitan dengan beasiswa sangat para mahasiswa butuhkan untuk melanjutkan studinya.

“Kegiatan ini sangat mendukung sekali bagi kami para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi,” ungkap mahasiswa Ekonomi Syariah itu.

Hal senada juga sampaikan mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Adhi Sopyana.

Adhi mengatakan, untuk daerah Priangan Timur, sosialisasi LPDP ini jarang diselenggarakan.

Oleh karena itu menurut Adhi, sosialisasi ini menjadi kesempatan baginya untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas beasiswa LPDP.

“Info LPDP sangat minim, kita tidak bisa menggali info sendiri, kita juga harus bisa menjemput bola. Dan pihak stakeholder berkewajiban untuk memberikan informasi itu” katanya.

Senada dengan itu, mahasiswa Unigal Ciamis, Riki Agung Saputra berharap ke depan kegiatan seperti ini dalat terus ada dan gelar secara berkelanjutan.

Mahasiswa jurusan Ekonomi itu mengungkapkan bahwa kesulitan yang sering kali para mahasiswa alami adalah informasi tentang  beasiswa.

“Khusus bagi saya sendiri, ini sangat membantu untuk meningkatkan potensi-potensi secara akademik,” tandasnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Raih 2 Penghargaan dari BPKP Jawa Barat
Artikulli tjetërHengky Ajak Anak di Bandung Barat Minati Olahraga Tradisional Ketimbang Permainan Gadget