Ketua Orari Lokal Kota Banjar, Yana S Bachyan (berdiri) saat memandu anggota Pramuka dalam kegiatanJamboree Jota Joti di Sekretariat Kolaborasi Orari Lokal Banjar dan Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Banjar di Jalan Tentara Pelajar, Sabtu (21/10/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM- Ratusan anggota gerakan Pramuka dari penggalang dan penegak Kwarcab Kota Banjar, Jawa Barat, mengikuti Jamboree Jota Joti 2023.

Pelaksanaan kegiatan digelar selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (20-22/10/2023) di sekretariat Orari (Organisasi Amatir Radio) Lokal Kita Banjar.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kolaborasi bersama Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Banjar

Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) merupakan kegiatan Pramuka digital terbesar di dunia.

Kegiatan ini melibatkan jutaan peserta dari berbagai negara yang bisa terhubung melalui saluran radio dan internet.

Acara pun semakin meriah dan semarak ketika ratusan anggota Pramuka mampu berkomunikasi dengan anggota Pramuka dari berbagai negara lain. Tak pelak, rasa senang dan ceria terpancar dari wajah para anggota Praja Muda Karana ini.

Anggota Pramuka Kwarcab Kota Banjar Belajar Tentang Skill Komunikasi 

Ketua ORARI yang juga Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, Komunikasi dan Informatika Kwarcab Kota Banjar, Yana S Bachyan menerangkan kegiatan tersebut kepada anak media, Sabtu (21/10/2023).

Yana menjelaskan bahwa pelaksanaan Jota Joti di sekretariat Orari yang baru merupakan yang pertama. Menurutnya, momen Jota Joti rutin digelar setiap bulan Oktober

“Jota Joti ini mengajarkan teknologi komunikasi dan persahabatan dengan anggota Pramuka dari negara lain,” ujarnya kepada awak media.

Yana pun berharap, melalui kegiatan ini anggota Pramuka dapat menguasai ilmu teknologi internet dan peralatan radio amatir, termasuk morse.

Wakil Sekretaris Kwarcab Kota Banjar, Lutfi Hikmawan mengatakan, momen Jota Joti menjadi ajang menambah skill anggota Pramuka.

Anggota Pramuka nantinya bisa belajar mengembangkan pengetahuan teknologi gelombang radio amatir dan jaringan internet.

Lutfi menyebutkan, kegiatan Jota Joti ini memiliki keunggulan, yakni bisa tersambung dengan Anggota Pramuka lintas dunia.

Pembelajarannya pun didampingi langsung oleh pakar profesional dari Orari, dan berdampak positif untuk kemajuan pengetahuan anggota Pramuka Penegak dan Penggalang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Banjar dengan Orari Lokal Banjar yang sudah berjalan baik selama ini,” pungkasnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

 

Artikulli paraprakRatusan Pelajar Kota Banjar Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Kelatnas Perisai Diri Periode XXXII tahun 2023
Artikulli tjetërDiduga Kelelahan, Belasan Santri di Kota Banjar Jatuh Pingsan Saat Mengikuti Upacara HSN 2023