Beranda Cianjur Kodim 0608/Cianjur Jalin Sinergitas Bersama Santri dan Jurnalis Cianjur

Kodim 0608/Cianjur Jalin Sinergitas Bersama Santri dan Jurnalis Cianjur

CIANJUR, PASUNDANNEWS – Jajaran Kodam III/Siliwangi bersama Kodim 0608/Cianjur terus menjalin silaturahmi dengan lintas sektor mulai dari kalangan santri hingga insan pers. Diantaranya dengan melalukan penataran kader bela negara kepada ratusan santri Ponpes Al Ittihad, dan menjalin tali silaturahmi bersama para Jurnalis yang bertugas di Cianjur.

Pabandya Wanwil Letkol Inf E.Suhara yang membacakan amanat Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Puguh Suwita S.IP mengucapkan selamat kepada para kader bela negara kepada siswa-siswi Al Itihad yang mengikuti selama dua hari, Rabu (16/9) hingga Kamis (17/9). Menurutnya, penyelenggaraan penataran kader bela negara ini bertujuan membangun watak dan karakter generasi muda agar memiliki rasa cinta terhadap tanah air.

“Rela berkorban, kesadaran berbangsa dan bernegara. Lalu keyakinan pancasila sebagai ideologi negara, dan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dalam empat konsensus dasar serta nasionalisme dan patriotisme. Hal ini selaras tema penataran ‘Generasi Tangguh dan Berkarakter’,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan selama pelaksanaan penataran, materi-materi yang akan diberikan antara lain, pengantar bela negara, wawasan kebangsaan, sejarah perjuangan bangsa, cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara.
Dilanjutkan setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, kepemimpinan berwawasan bela negara, bahaya narkoba dan terorisme, keterampilan bela negara, serta peraturan baris berbaris.

“Saya meminta dalam giat ini agar dapat memberikan penataran dan pembekalan kader bela negara dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya sasaran dan tujuan penataran kader bela negara itu dapat tercapai maksimal,” paparnya

Sementara itu ditempat berbeda Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi, S.H,. M.M turut menggelar acara ngopi bareng bersama insan pers yang bertugas di wilayah Kabupaten Cianjur, di Makodim 0608/Cianjur, Kamis (17/9/2020).

“Sebagai Dandim baru istilahnya permisi, bisa bertemu rekan-rekan insan pers di Cianjur. Ketemu di lapangan tak kenal maka tak sayang. Selain itu juga, kita membangun kemitraan dan sinergitas sekaligus talisilaturahmi,” ungkap Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi, S.H,. M.M

Diakuinya, tujuan ngopi bareng insan pers tersebut untuk menjalin tali silaturahmi dan membangun sinergitas antara Pers dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ricky mengaku baru bertugas di Cianjur sekitar 1 bulan lebih seminggu. “Coffee morning ini digelar santai tidak terlalu kaku, sehingga rekan-rekan bisa menikmati kesederhanaan ini,” katanya.

Menurutnya, untuk menginformasikan setiap kegiatan dan program TNI kepada masyarakat luas, peran pers sangat dibutuhkan, untuk itu dirinya berharap, jalinan sinergitas ini dapat terus terbina.

“Setiap kegiatan yang kami lakukan Allah SWT pasti tahu tetapi, masyarakat luas belum tentu mengetahuinya. Untuk itu, kami sangat membutuhkan bantuan insan pers,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Muhammad Ikhsan mengatakan alangkah baiknya agenda coffee morning diagendakan saja.

“Bisa sebulan sekali sebagai agenda sharing. Selama ini wartawan dengan Kodim luar biasa kerjasamanya,” pungkasnya. (fhn)