Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar (kiri) didampingi Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Deasy Ariyanto (kanan) menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada Kepala Sekolah MTs Al Fadliliyah Darussalam Ciamis, KH Fadlil Yani Ainusyamsi (tengah) di Aula Dinas PRKPLH Ciamis, Kamis (15/6/2023). Foto/PasundanNews.com.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 33 sekolah di Kabupaten Ciamis mendapat predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten tahun 2023.

Penghargaan pun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis serahkan kepada puluhan sekolah tersebut melalui Dinas PRKPLH pada Kamis (15/6/2023).

Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar mengatakan, sekolah yang mendapat predikat Adiwiyata tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan.

Pada tahun-tahun sebelumnya ungkap Taufik, sekolah yang mendapatkan Adiwiyata hanya sedikit yakni sekitar 3 sekolah.

Namun, berkat kerja keras dan sinergitas semua pihak, mulai tahun 2021 terus bertambah sekitar 7 hingga sekolah yang mendapat Adiwiyata.

“Tahun ke tahun terus ada peningkatan, dan pada tahun 2023 ini naik drastis menjadi 33 sekolah,” kata Taufik.

Capaian tersebut merupakan perolehan terbanyak jika bandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, mulia periode 2006 hingga 2023 ini sudah ada 155 sekolah yang berhasil raih predikat Adiwiyata.

“Kalau jumlah sekolah yang mempunyai predikat Adiwiyata dari tahun 2006, sudah ada sebanyak 155 sekolah,” ujarnya.

Taufik menilai, progam Sekolah Adiwiyata ini sangat baik dalam rangka merawat dan menjaga lingkungan dimulai dari sekolah.

“Menjadikan sekolah membangun budaya pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan, dan program ini secara masif akan kita terus lakukan,” paparnya.

Mendorong Pelestarian Lingkungan Hidup di Sekolah Secara Berkelanjutan 

Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Deasy Ariyanto menambahkan, melalui program ini nantinya warga sekolah  memiliki budaya yang baik dalam rangka merawat lingkungan hidup.

Adapun tujuannya untuk lebih mendorong sekolah-sekolah dalam mengembangkan kegiatan yang berfokus pada pelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Tentunya sekolah yang telah meraih predikat Adiwiyata akan terus kami lakukan pembinaan dan pendampingan secara intens,” kata Ari.

Menurut Ari, lingkungan hidup merupakan aset berharga yang harus jaga dan lestarikan.

Oleh karen itu, pihaknya pun mengajak kepada warga sekolah dan masyarakat agar senantiasa menjaga dan melestarikannya.

Sehingga hal itu bisa terus dibudayakan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ia pun berharap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup lebih optimalkan melalui tata kelola sekolah yang baik.

“Apresiasi untuk sekolah yang meraih Adiwiyata, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen para guru, siswa, serta seluruh elemen sekolah dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUpaya Pemkab Mangkrak, Elemen Buruh Atensi Eks Karyawan Serambi Dana Ciamis Akan Kembali Turun Aksi
Artikulli tjetërPengangguran Terbuka Pemuda di Ciamis Melampau Tinggi, Sekretaris DPD KNPI Angkat Suara