Bank Sampah Ciamis Juara 1 Astra Award Competition 2020. Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bank Sampah Ciamis atau BSC Kabupaten Ciamis kembali menorehkan prestasi gemilangnya. Kali ini BSC berhasil meraih juara pertama kompetisi Astra Award Competition tingkat Nasional tahun 2020.

Prestasi BSC tersebut diumumkan pada acara Festival Lingkungan Astra 2020, Sabtu (28/11/2020). Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh ratusan bank sampah yang ada di Indonesia.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup
(DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar mengungkapkan, ada beberapa poin yang menjadi indikator kemenangan BSC dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Astra ini.

”Ada beberapa poin yang menjadi indikator penilaian, diantaranya sistem manajemen, sampah yang terkelola, dan stakeholder yang mendukung,” ungkapnya.

Taufik mengatakan, pihaknya memiliki inovasi dalam pengelolaan sampah di Ciamis melalui bank sampah dan magot.

Selain itu, lanjut Taufik, inovasi ini juga membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Bahkan menjadi peluang usaha bagi semua pihak untuk menambah penghasilan.

”Bank sampah merupakan salah satu inovasi yang terus kita kembangkan dalam menangani persampahan. Ini juga sebagai salah satu upaya kita untuk membangun Ciamis lebih baik lagi,” katanya.

Taufik menambahkan, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan alam, serta memanfaatkan inovasi pengelolaan sampah melalui bank sampah dan magot.

”Kami mengajak kepada seluruh warga masyarakat, mari kita sama-sama jadikan Ciamis menjadi Kabupaten yang bersih dan bernilai. Kita jaga alam, alam jaga kita,”

Atas prestasi yang diraihnya itu, Taufik pun mengucapakan terimakasih atas kebijakan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya serta petunjuk dan bimbingannya sehingga inovasi pengelolaan sampah di Ciamis bisa berprestasi ditingkat Nasional.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Bupati Ciamis yang telah mendukung atas inovasi ini. Juga terimakasih atas do’a dan dukungan semua pihak, dan seluruh warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis, sehingga bank sampah ciamis bisa meraih juara pertama Astra Award Competition 2020 ini” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBKKBN Jabar & DPR RI Sosialisasi Pembangunan Keluarga di Lembursitu Sukabumi
Artikulli tjetërRumah Ambruk dan Sakit Stroke, Udin Budayawan Cianjur Butuh Bantuan