Ribuan warga kabupaten Ciamis melaksanakan shalat Istisqo. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kemarau panjang mengakibatkan kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis.

Hal ini membuat masyarakat mengalami berbagai masalah seperti kurangnya pasokan air untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu juga kemarau mengakibatkan kekeringan pada lahan pertanian sehingga menyebabkan gagal panen di sejumlah daerah.

Sebagai bentuk ikhtiar bermunajat turunkan hujan, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta ribuan masyarakat melaksanakan shalat istisqo, Rabu (18/10/2023).

Pelaksanaan shalat istisqo tersebut sebagaimana Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor 400.8.2.3/1.480-Kesra, pada tanggal 11 Oktober 2023 perihal himbauan shalat istisqo tahun 1445 H / 2023 M.

Pelaksanaan shalat istisqo ini laksanakan bergabung dengan berbagai unsur seperti para tokoh ulama, ASN, masyarakat umum, santri, petani dan pelajar dari berbagai tingkatan.

Imam pada pelaksanaan shalat istisqo yaitu KH. Bukhori Muslim dengan Khotib KH. Saeful Uyun selaku Ketua MUI Kabupaten Ciamis.

Shalat Istisqo Dilaksanakan di Setiap Kecamatan se-Kabupaten Ciamis

Selain itu, shalat istisqo ini juga laksanakan secara serempak di 27 kecamatan sampai ke tingkat desa di Kabupaten Ciamis.

herdiat menyampaikan, mengahadapi musim kemarau panjang akibat efek pemanasan global yang terjadi hari ini berdampak kepada terjadinya krisis air bersih.

Kemarau pun berdampak pada kekeringan pada berbagai daerah yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat pun banyak yang membutuhkan air bersih untuk sekedar membersihan diri dan kebutuhan lainnya.

“Hal ini disikapi dengan bijak dan menjadi tanggung jawab pemerintah bersama dengan elemen lainnya untuk carikan solusi,” jelasnya.

Pihaknya pun bersama MUI dan Kemenag serta unsur lembaga lainnya melakukan ikhtiar bathiniyah dengan melaksanakan shalat Istisqo.

“Melaksanakan shalat Istisqo mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai Desa atau Kelurahan di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Ia pun berharap ikhtiar bersama seluruh masyarakat yang beragama Islam untuk memohon kepada Allah SWT secara bersama-sama melalui do’a dan dzikir.

Serta memperbanyak istighfar memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat sehingga berharap Allah SWT segera menurunkan hujan di Kabupaten Ciamis.

“Semoga apa yang kita rasakan saat ini segera berakhir, jika ini adalah cobaan. Mudah-mudahan kita bisa meminimalisasi dan mengurangi perbuatan buruk kita. Semoga Allah SWT mengabulkan do’a kita untuk menurunkan hujan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Herdiat juga mengajak pada seluruh jamaah yang hadir untuk sama-sama mendo’akan warga masyarakat Palestina.

“Mengajak kepada bapak ibu yang hadir untuk sama-sama mendo’akan saudara-saudara kita di Palestina yang mendapat musibah peperangan. Mudah-mudahan diberikan kekuatan, kesehatan dan dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT,” harapnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTNI Dorong Perekonomian dan Pendidikan di Ciamis, Ini Pesan Wabup Yana
Artikulli tjetërSah! Mahfud MD Resmi Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024