Vaksinasui lansia
Wakil Wali Kota bandung yana Mulyan saat memonitoring pelaksanaan vaksinasi lansia (Instagram/@kangyanamulyana)

PASUNDANNEWS – Program vaksinasi lansia di Kota Bandung terus di kebut oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Hal itu di sampaikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana menyebutkan program vaksinasi untuk para lansia perlu di tangani secara khusus. Karena, lansia sangat rentan dari segi kesehatan sehingga menurutnya para tim vaksinator harus lebih hati-hati.

“Tidak hanya sekedar mau, akan tetapi faktor kesehatannya juga harus di perhatikan. Jika ada penyakit bawaan hal itu harus di netralkan dulu. misalnya punya tekanan darah tinggi, kemudian punya diabetes, dan lainnya,” kata Yana, di kutip dari merdeka.com, Kamis (27/5).

Salah satu langkahnya menurut Yana adalah dengan berkoordinasi dengan pemerintah tingkat kelurahan atau RW. Hal itu agar bisa mengetahui gejala ataupun penyakit awal lansia secara dini.

Untuk melaksanakan kegiatan itu, lanjut Yana, Harus ada kerjasama dengan puskesmas terkait agar dapat memberikan fasilitas unit gawat darurat (UGD) mini.

Menurutnya, kekhawatiran vaksinasi kepada lansia adalah kejadian yang tidak di inginkan seperti kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“UGD mini harus di siapkan dulu. Denga begitu, mudah-mudahan vaksinasi bisa berjalan lancar,” kata Yana.

Berdasarkan data dari Dinkes Kota Bandung. Saat ini tercatat sebanyak 97 ribu lansia yang sudah di vaksinasi. Hal itu di bilang lamban karena ada sebanyak 305 ribu lansia di Kota Bandung yang menjadi sasaran vaksinasi.

Kontributor: Angga

Artikulli paraprakAgun Gunandjar Ajak Masyarakat Amalkan Nilai Pancasila dengan Prinsip 5 Jari
Artikulli tjetërHabib Bahar Smith Dituntut Lima Bulan Penjara, Usai Aniaya Supir Taksi Online